Kamis, 20 Februari 2020

Indonesia vs Malaysia, Final Prematur AFF U-19

- 11 Juli 2018, 16:04 WIB
Pesepak bola Indonesia U19 Firza Andika (kanan) dan Muhammad Rafli Mursalim (kiri) melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Filipina U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 5 Juli 2018. Indonesia unggul atas Filipina dengan skor 4-1.*

LAGA menarik semifinal akan tersaji di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur antara Tim Nasional Indonesia U-19 melawan Malaysia pada Kamis, 12 Juli 2018. Laga tersebut menjadi pertarungan hidup mati kedua negara untuk mencapai partai pamungkas.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, meskipun keduanya bentrok di laga semifinal, namun seakan telah menjadi parta final sesungguhnya. Ini mengingat gengsi pertemuan keduanya.

Di laga terakhir, Indonesia harus mengakui ketangguhan Thailand 2-1. Ini membuat tim asuhan Indra Sjafri terpaksa berada di posisi runner up grup A, sedangkan Malaysia menang atas Myanmar dengan skor 1-0 yang membuatnya berada di puncak grup B.

Sesuai aturan, laga semifinal mempertemukan antara juara grup A dengan runner up B, begitu sebaliknya. hingga akhirnya Indonesia pun bertemu Malaysia di semifinal.

Namun pertemuan di partai semifinal bukannya tidak menarik. Sebab laga kedua negara ini selalu syarat makna, baik di tingkat U-19 apalagi di level Timnas senior.

Perjalanan semifinal

Kapten Timnas U-19 Indonesia, Nurhidayat Haji Haris dan kawan-kawan memang salah satu tim yang diunggulkan dalam turnamen Piala AFF U-19. Di samping tim-tim kuat lainnya seperti juara bertahan Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Tim asuhan Indra Sjafri ini juga menjadi tim favorit juara AFF U-19 tahun 2018, sebab selain sebagai Tuan Rumah, dukungan suporter Timnas yang selalu memenuhi Gelora Delta Sidoarjo menjadi salah satu modal untuk bisa menjadi penyemangat.

Sebagai tim favorit juara, perjalanan Timnas U-19 menuju semifinal tidaklah mulus. Sebab dari lima laga yang dijalani, hanya sekali kalah dari Thailand di pertandingan terakhir, sehingga mengoleksi 12 poin. 

Sedangkan juara grup A Thailand tidak pernah terkalahkan, hanya sekali bermain seri 0-0 saat bertemu Vietnam dan mengoleksi 13 poin.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala Puspitasari

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X