AS Roma vs Juventus, "Final Sebenarnya" Liga Italia Serie A 2017-2018

- 12 Mei 2018, 10:48 WIB

KEGAGALAN di Liga Champions Eropa membuat AS Roma kehilangan satu-satunya peluang tersisa untuk meraih trofi tahun ini. Soalnya di Liga Italia Serie A, tim asal ibukota itu memang tak mungkin lagi mengejar raihan poin dua kandidat juara Napoli dan Juventus.

Sang Scudetto Juventus, bahkan masih menjadi Capolista dan hanya butuh satu poin lagi untuk menjadi Campione musim 2017-2018. Hal itu karena Napoli yang menguntit di peringkat kedua, memang maksimal hanya akan mengumpulkan 91 poin jika mampu memenangi dua laga tersisa.

Poin itu sama dengan koleksi Juve saat ini. Artinya hasil seri saja di Giornata ke-37, sudah pasti makhota Seria A kembali jatuh ke tim asal Kota Turin itu. Sementara bagi Napoli, tiket Liga Champions 2018-2019 pun sudah aman karena tim asuhan Maurizio Sarri itu tak mungkin lagi tergeser dari posisi runner up.

Lain halnya bagi Roma yang tak mungkin lagi lolos ke fase gugur Liga Champions musim depan dengan jatah juara bertahan. Kekalahan dari Liverpool di semi final beberapa waktu lalu, membuat anak asuh Eusebio Di Francesco harus meraih tiket itu lewat liga domestik.

Syaratnya, Roma harus masuk jajaran 4 Besar klasemen akhir Seria A musim ini. Namun meski sementara ini duduk di peringkat ketiga, posisi mereka belum aman karena Lazio dan Inter Milan masih menempel ketat.

loading...

Di posisi ke-5, Inter yang mengantongi 69 poin, masih bisa menambah 6 poin dari dua laga sisa. Artinya, Roma yang kini mengoleksi 73 poin, butuh tiga poin tambahan untuk mengamankan satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Final sebenarnya

Di laga terakhir 21 Mei 2018 nanti, Roma hanya berhadapan dengan tim papan tengah Sassuolo. Tentunya tiga poin tidak akan mudah dipetik Edin D┼żeko, karena harus bermain tandang.

Kesempatan besar untuk meraih tiga poin tambahan justru dimiliki Roma dalam laga kandang terakhir, Senin 14 Mei 2018. Namun juga tak akan mudah karena mereka harus menjamu sang Capolista, Juventus.

Halaman:

Editor: Handri Handriansyah


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X