Kamis, 12 Desember 2019

Tak Bisa Sediakan Fasilitas Ini, Tim Tuan Rumah akan Kalah WO 0-3 pada Liga 1 2018

- 10 Maret 2018, 09:34 WIB

JAKARTA, (PR).- Tim yang menjadi tuan rumah dalam dalam gelaran Liga 1 2018, harus menyediaan dua ambulan, mesin pacu jantung portabel, dokter dan tenaga medis. Tanpa itu, tim tersebut pertandingan tak bisa digelar dan tim tuan rumah dinyatakan kalah Walk Out (WO) dengan skor 0-3.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Operasional (COO) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalom Boboy dalam acara Media Workshop di kantor PT LIB, Senayan, Jakarta, Sabtu 10 Maret 2018. "Ada beberapa perubahan krusial dalam regulasi Liga 1 2018, salah satunya soal medis," ujarnya.

Aturan terkait tiga fasilitas medis utama yang harus disediakan tim tuan rumah, kata Tigor, termaktub dalam regulasi Liga 1 pasal 48 ayat 6.  Terutama untuk ambulan dan alat pacu jantung, hukumnya wajib disediakan dan diletakan di kursi cadangan wasit sebelum pertandingan.

Selain dinyatakan kalah WO, tim tuan rumah juga akan dijatuhi sanksi lain berupa denda bila tak bisa memenuhi kewajiban tersebut. "Bukan hanya kalah WO, tapi tuan rumah juga akan terkena sanksi denda sebesar Rp 50 juta sebagai konsekuensi dari pelanggaran yang dilakukan," ucap Tigor.

Hal lain terkait medis, nantinya pemain juga diwajibkan untuk melakukan pre-competition medical assesment sebelum kompetisi berlangsung seusuai regulasi pasal 47. Peraturan itu sebenarnya sudah diberlakukan sejak musim lalu, namun baru sebatas untuk pemain asing.

Musim ini, ujar Tigor, semua pemain termasuk pemain lokal, wajib melakukan cek kesehatan/fisik. "Kami akan berikan formnya. Nanti wajib disetujui oleh dokter tim dan pemain yang bersangkutan. Ini akan jadi pegangan kami untuk tahu siapa yang bertanggung jawab jika terjadi apa-apa," ucapnya 

Tigor mengatakan, Regulasi Liga 1 2018 berisikan panduan pelaksanaan kompetisi Liga 1 yang berpatokan pada International Football Association Board (IFAB). Ia juga melansir bahwa sosialisasi regulasi baru itu belum diberikan kepada klub dan media massa menjadi pihak pertama yang mendapat informasi.

"Kami akan memberikan ini kepada klub langsung dalam bentuk regulasi nanti. Bukan draft lagi, agar klub tidak memiliki ruang untuk melakukan perubahan. Regulasi ini akan diberikan kepada klub pada saat Manager Meeting nanti. Setelahnya baru kita perlihatkan kepada wasit," ujar Tigor


Halaman:

Editor: Wina Setyawatie

Tags

Komentar

Terkini

X