Senin, 16 Desember 2019

GBLA dan Jalak Harupat Diusulkan Jadi Lokasi Final Sepakbola Asian Games 2018

- 2 Februari 2018, 13:59 WIB

BANDUNG,(PR).- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajukan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung‎ sebagai tempat semifinal dan final sepak bola Asian Games 2018. Kedua tempat tersebut dinilai layak dan siap untuk menjadi perhelatan berstandar internasional itu.

Hal itu mengemuka pada kunjungan eksekutif office kepresidenan RI, Agung Hardjono, Senior Advicer Deputi 1 mengenai monitoring dan evaluasi program-program prioritas di Ruang Ciremai, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 2 Februari 2018. Saat itu rombongan staf kepresidenan diterima oleh Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa yang pada saat itu melaporkan kesiapan lima venue Asian Games pada staf kepresidenan tersebut.

"Saya laporkan bahwa Jabar ada lima cabor, yakni sepak bola mulai dari kualifikasi sampai dengan semifinal dan ada kemungkinan final di sini juga. Lalu kano slalom, paragliding, cycling mtb (sepeda gunung), dan cycling road race,"ujar Iwa.

Sampai dengan Januari ini, kata Iwa, persiapan yang dilakukan oleh pemprov Jabar sudah cukup baik. Untuk sepak bola, pemprov Jabar menyiapkan Stadion Patriot Kota Kekasi, Wibawa Mukti Cikarang Kabupaten Bekasi, Pakansari Stadium Kabupaten Bogor, GBLA dan Si Jalak Harupat. "GBLA dan si Jalak diusulkan untuk menggelar final dan semifinal sepakbola," ujarnya.

Iwa mengakui, pihaknya memang telah membangun venue dengan standar internasional untuk PON kemarin dan bisa dimanfaatkan sehingga Jabar punya lapangan sepak bola standar internasional. Namun memang masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki yang saat ini menjadi tanggung jawab kementrian PUPR dan sedang dalam proses perbaikan.

Selain itu, pihaknya pun menyediakan tempat latihan. Pengguna Jalak latihannya di lapangan Unpad Jatinagor dan Stadion Siliwangi Bandung. Pengguna GBLA latihannya di Sabuga ITB Bandung dan Sportcenter Arcamanik. Untuk pengguna Stadion Pakansari, latihannya di Stadion Persikabo Cibinong Kabupaten Bogor dan STA Pajajaran Kota Bogor. Untuk yang menggunakan Stadion Wibawamukti berlatih di Sutasoma77 dan fasos Perum Sumarecon Lapang Muda Jaya, sedangkan untuk pengguna Stadion Patriot berlatih di lapangan A dan B GBK.

‎Sementara itu, Agung mengatakan, untuk ajuan GBLA dan Si Jalak Harupat jadi tempat penyelenggaraan semifinal dan final sepak bola Asian Games, akan diassesment oleh panitia penanggungjawab Asian Games, Inasgoc. "‎Kami lakukan koordinasi lihat kesiapan, implementasinya nanti seperti apa. Kita masih punya waktu 6 bulan lagi, kita akan efektifkan pelaksanaan seperti apa," ujarnya.

Lebih jauh, dari pertemuan tersebut Agung mengaku pihaknya mendapat catatan-catatan yang harus diperbaiki oleh semua pihak karena persiapan Asian Games merupakan kerja sama dari pemerintah daerah, pemprov maupun pusat.


Halaman:

Editor: Novianti Nurulliah

Tags

Komentar

Terkini

X