Rabu, 3 Juni 2020

Skuad Bulutangkis SEA Games 2017 Berubah

- 8 Agustus 2017, 15:07 WIB

JAKARTA, (PR).- Susunan skuad timnas bulutangkis Indonesia untuk SEA Games 2017 Kuala Lumpur berubah. Namun perubahannya tidak banyak, hanya terjadi di tunggal putra.

Hal itu disampaikan manajer tim bulutangkis Indonesia untuk SEA Games 2017, Susy Susanti seperti yang dikutip dari rilis PBSI, Selasa, 8 Agustus 2017. Muhammad Bayu Pangisthu terpaksa ditarik dari daftar skuad timnas karena sakit. Dia terkena diare sejak pekan lalu dan kondisinya tidak terlalu bagus hingga saat ini. PBSI pun tidak ingin mengambil risiko dan memilih untuk mencoretnya, mengingat waktu persiapan yang tinggal dua pekan lagi. 

"Dia (Bayu -Red.) mengalami sakit diare sejak pekan lalu dan kondisinya kemarin cukup parah. Dia ini sedang tahap pemulihan dan dia mengaku tidak siap mengikuti persiapan SEA Games. Sementara waktu tersisa tidak banyak. Hingga kami pun memutuskan untuk menggantikan posisinya dalam skuad SEA Games dengan Panji Ahmad Maulana," katanya.

Pergantian itu dinilai perlu, mengingat sektor tunggal putra akan jadi salah satu tumpuan dalam SEA Games nanti. Hingga kondisi Bayu pun, dinilai Susy akan cukup mempengaruhi performa tim secara keseluruhan. 

Panji sendiri masuk, bukan tanpa sebab. Menurut Susy, nama Panji sebelumnya sudah masuk dalam daftar atlet yang dikirimkan oleh PBSI pertama kali ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Performa Panji pun dinilai tidak terlalu jauh dengan Bayu. Prestasi terbaik Panji adalah juara Iran Fajr Badminton International Challenge 2017 dan Malaysia International Challenge 2016.

"Saya sendiri sudah bertemu dengan Bayu. Dia sudah merelakan posisinya diisi oleh Panji. Panji sendiri sudah diberitahu dan dia mengatakan siap untuk turun di SEA Games," tuturnya. 

Kondisi Bayu ini diharapkan bisa jadi pelajaran bagi para atlet lainnya yang sedang mempersiapkan diri menuju SEA Games. Dengan waktu yang semakin dekat, 22-29 Agustus 2017, para atlet dinilai seharusnya bisa menjaga kondisinya masing-masing. 

"Ini menjadi pelajaran buat semua atlet. Khususnya Bayu untuk lebih bertanggung jawab menjaga kondisi, karena kami di sini (SEA Games -Red.) kan  dibebani target. Tidak bisa sembarangan, karena PBSI ada target, begitu juga Satlak Prima," ungkap Susy menegaskan. 

Sektor putri

Tim bulutangkis Indonesia sendiri berkekuatan 20 pemain, yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri. Di putra, selain Panji juga ada Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik untuk tunggal putra. Lalu diganda putra ada Berry Angriawan/Hardianto, serta pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sedangkan Hafiz Faisal dan Edi Sukbaktiar akan bermain di sektor ganda campuran. 

Halaman:

Editor: Wina Setyawatie


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X