Rabu, 26 Februari 2020

Pemain Bola Ini Kembali ke Mantan Klubnya

- 1 September 2016, 08:08 WIB

BURSA transfer musim panas 2016/2017 telah resmi ditutup. Seperti biasa setiap musimnya, bursa transfer selalu memberikan para penikmat sepakbola sebuah kejutan.
 
Tahun ini, salah satunya adalah rekor pemecahan transfer yang dipecahkan oleh Paul Pogba. Pogba yang hijrah ke Manchester United dari juara Serie A, Juventus, berhasil melangkahi Gareth Bale sebagai pemain termahal di dunia saat diboyong Real Madrid dari Tottenham.
 
Pogba yang notabene pemain akademi Manchester United, memutuskan pindah dari Old Trafford ketika MU masih diasuh oleh Sir Alex Ferguson. Saat itu Pogba jarang mendapat kesempatan dari sang pelatih, sehingga ia dilego ke klub lain. Juventus dipilih menjadi pelabuhan kedua pemain asal Prancis tersebut dengan status bebas transfer atau gratis.
 
Bersama si Nyonya Tua, pemilik no.6 di MU ini telah bermain dalam 178 pertandingan dengan torehan 34 gol. Penampilan mengesankan yang dibuat Pogba, membuat sang mantan kepincut kembali untuk menariknya lagi. Dengan biaya 1,5 trilun, pemain berusia 23 tahun itu akhirnya kembali ke mantan klubnya setelah pada tahun 2002 lalu ia meninggalkan MU.
 
Selain Pogba, pemain top lainnya pun nampaknya belum mampu move one terhadap mantan klubnya pada musim ini. Berikut daftar pemain yang kembali lagi ke mantan klubnya:
 
Mats Hummels
Defender tim Nasional Jerman ini secara mengejutkan memutuskan untuk pindah dari Borussia Dortmund dan memilih bergabung dengan tim rival, Bayern Munchen. Sontak saja hal itu membuat pendukung Die Borrusen marah kepada Hummels dan melabeli bahwa pemain kelahiran 16 Desember 1988 adalah seorang penghiatan.
 
Namun sebenarnya Mats Hummels dan Bayern Munchen sudah menjalin hubungan yang lama bahkan sebelum Hummels menjadi bagian penting dari kesuksesan Dortmund. Masa kecil bek bertinggi 191 cm ini dihabiskan dengan berseragam Munchen (1995-2006). Tahun 2006, Hummels berhasil menembus skuat Bayern Munchen II dan promosi ke tim senior setahun berselang. Akan tetapi, bersama tim senior pemain yang lahir di Bergisch Gladbach, Jerman ini gagal mendapat kesempatan bermain lebih banyak.
 
Hummels memutuskan pindah ke Die Borrusen pada tahun 2009. Karirnya langsung meroket bahkan dipercaya menjadi pemimpin (kapten) bagi teman-temannya. Bersama Dortmund, Hummels mencatatkan 309 penampilan dan mencetak 25 gol.
 
Tanggal 10 Mei 2016, pemain bertahan ini memutuskan kembali ke mantan klubnya untuk menjalani kontrak berdurasi lima tahun dibawah arahan pelatih Italia, Carlo Ancelotti.
 
Mario Gotze
Pemain yang belum move on dari mantan klubnya satu ini, kembali melibatkan kubu Die Rotten (Bayern Munchen) dan Die Borussen (Borussia Dortmund). Gotze yang menjalani delapan musim sebagai pemain akademik Dortmund berhasil menembus tim senior pada tahun 2009 lalu.
 
Bersama sang pelatih Dortmund saat itu, Juergen Klopp, Gotze menjelma menjadi pemain muda potensial di Bundesliga Jerman. Catatan 31 gol dari 156 penampilan membuat semua klub menginginkan jasanya, termasuk tim rival, Bayern Munchen.
 
Musim 2013/2014, pemain berusia 24 tahun ini kepincut oleh tawaran tim rival untuk merapat ke Allianz Arena. Biaya sebesar 37 juta euro harus dikeluarkan Bayern Munchen untuk menebus Mario Gotze. Namun, kontribusinya bersama tim baru tidak secemerlang dengan sang mantan. Dirinya bahka di plot sebagai pemain pelapis bukan pemain inti.
 
Setelah sempat digosipkan dengan Liverpool, karena adanya sosok Juergen Klopp, Gotze memutuskan untuk ‘balikan’ dengan mantan timnya, Borussia Dortmund dan menjalani kontrak dengan durasi empat tahun.
 
Alvaro Morata
Mengawali karir bersama Real Madrid B pada tahun 2010, Alvaro Morata berhasil promosi ke tim senior di tahun yang sama berkat penampilan terbaiknya. Akan tetapi, setelah masuk skuat senior, Morata kesulitan bersaing dengan penyerang-penyerang Los Blancos lainnya. Alhasil, pemain lapis kedua pun harus menjadi kenyataan yang diterima Morata. Empat tahun berselang, sang striker dilego Real Madrid ke Juventus.
 
Performanya bersama Si Nyonya Tua ternyata mampu membuat sang mantan kembali meliriknya lagi. Lesatan 27 gol dari 93 penampilan menjadi pertimbangan bagi Real Madrid untuk membawa pulang Alvaro Morata ke Santiago Bernabeu. Akhirnya, pada tanggal 21 Juni 2016, pemain bernama lengkap Alvaro Borja Morata Martin ini kembali pulang ke kota Madrid dan kembali menjadi bagian El Real dibawah komando Zinedine Zidane.
 
Denis Suarez
Pada tahun 2013 hingga 2015, Denis Suarez merupakan anggota dari FC Barcelona B. Gelandang timnas Spanyol ini kemudian dipinjamkan ke Sevilla dan dijual ke Villarreal dengan opsi pembelian kembali.
 
Suarez bermain impresif dengan berhasil menorehkan 5 gol dari 48 kali pertandingan yang dimainkan, serta mampu mengkreasika lebih dari 11 peluang.
 
David Luiz
Pemain bertahan dari negeri Samba ini tak bisa menolak pinangan mantan klubnya, The Blues Chelsea, yang menginginkan dirinya kembali ke Stamford Bridge, markas dari tim asal kota London tersebut.
 
Luiz bergabung dengan Chelsea pada tahun 2011 dan langsung membawa The Blues meraih dua gelar yakni Piala FA dan Liga Champions 2011-2012. Satu tahun kemudian, gelar Liga Europa berhasil diberikan pemain kelahiran Diadema, Sao Paulo, Brasil ini pada Chelsea sebelum ia memutuskan pindah ke klub lain.
 
13 Juni 2014, pemain berambut kribo ini resmi meninggalkan The Blues dan bergabung dengan tim Paris Saint-Germain dengan nilai transfer 50 juta poundsterling. Luiz menjadi bek termahal sepanjang sejarah kala transfer tersebut terjadi.
 
Pemain yang mempunyai tinggi 189 cm itu mencatatkan 89 penampilan bersama Lie Perisien dan delapan gelar berhasil disumbangkan oleh David Luiz di berbagai ajang kejuaraan yang diikuti klub asal kota Paris tersebut.
 
Musim 2016/2017 ini, Chelsea bersama sang pelatih Antonio Conte tengah mencari bek anyar untuk membangun barisan pertahanan yang lebih kuat. Pilihan pertama muncul dari pemain asal Italia, Leonardo Bonnuci. Bonnuci telah bekerja sama dengan Antonio di Conte saat sang manajer masih menukangi Juventus. Serta bersama Timnas Italia saat tampil di Piala Eropa 2016 di Prancis beberapa bulan silam.
 
Namun Conte dan Bonnuci belum cukup memuluskan keinginan Chelsea menggaet pemain berusia 29 tahun itu. Chelsea akhirnya merayu David Luiz untuk kembali ke Stamford Bridge, dan mencoba merebut berbagai gelar juara seperti pertemuan pertama kali diantara keduanya. (Gugun Gunawan)***


Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X