Resmi Dipertandingkan di PON Papua 2021 untuk Pertama Kalinya, Tim Rugby Jawa Barat Siap Kantongi Emas

- 8 September 2021, 10:08 WIB
Ilustrasi Olahraga Rugby.
Ilustrasi Olahraga Rugby. /Pixabay.com/edwardpye

 

PIKIRAN RAKYAT - Untuk pertama kalinya di PON XX 2021 yang digelar di Papua, olahraga asal Inggris, Rugby masuk sebagai cabang olahraga resmi yang akan dipertandingkan.

Komunitas dan pecinta olahraga Rugby pantas bergembira dengan kabar ini. Pasalnya, sebelumnya di PON XIX/2016 yang berlangsung di Jawa Barat, Rugby hanya sebatas eksibisi. Lantaran di Tanah Air cabang olahraga yang satu ini perkembangannya terbilang bagus banyak peminatnya, Alhasil setelah diekbisikan maka di PON selanjutnya menjadi cabang olahraga resmi.

Keikutsertaan Jawa Barat di cabang olahraga ini terbilang lumayan. Pada eskbisi PON lalu, Jawa Barat menempati runner up. Sementara juara dan peringkat pertama di eksibisi PON lalu ditorehkan provinsi Bali.

“Tahun ini olahraga rugby resmi dipertandingkan di PON, kami sangat gembira karena PON kali ini akan menjadi PON pertama. Untuk Jawa Barat tentu saja sangat serius dalam persiapannya karena kami ingin ini emas di PON pertama,” ujar Aceng Ronna Syahbana, Manajer Tim Rugby Jawa Barat dalam pemaparan kesiapannya kepada media di Ruang Kominfo KONI Jawa Barat, Kamis 2 September 2021.

Baca Juga: Lapas Kelas 1 Tangerang Kebakaran, Media Asing Soroti Kondisi Penjara yang Over Kapasitas

Aceng menyebut, sejak 2019 tim rugby Jawa Barat sudah terbentuk. Tim ini katanya dibentuk pada akhir Desember. Efektifnya, Januari 2020 tim Rugby Jawa Barat sudah leading menghadapi PON XX di Papua.

“Namun meski PON akhirnya diundur karena pandemi, kami tetap berlatih dan mempersiapkannya secara serius,” kata Aceng menambahkan.

Dalam proses perekrutan atlet pun kata Aceng, tidak menemui kesulitan. Sebab katanya, pengurus Rugby Jawa Barat dapat bekerja sama dengan UPI Bandung. Menurutnya, proses seleksi dari setiap Pengcab terkumpul 137 atlet putra dan putri

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: KONI Jawa Barat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X