Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Sedikit awan, 24.4 ° C

Hadapi Partai Penentuan Juara Grup K, Timnas Indonesia Incar Kemenangan atas Korut

Miradin Syahbana Rizky
PEMAIN timnas Indonesia U-19 Sutan Diego (kanan) berebut bola dengan pemain timnas Timor Leste U-19 Nelson Pinto Diego (kiri) pada laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu, 6 November 2019. Timnas Indonesia U-19 menang dengan skor 3-1.*/ANTARA
PEMAIN timnas Indonesia U-19 Sutan Diego (kanan) berebut bola dengan pemain timnas Timor Leste U-19 Nelson Pinto Diego (kiri) pada laga babak kualifikasi grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu, 6 November 2019. Timnas Indonesia U-19 menang dengan skor 3-1.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Timnas Indonesia U-19 wajib memenangkan laga terakhir melawan Korea Utara untuk mengamankan tiket ke putaran final Piala AFC U-19 2020, Minggu 10 November 2019 pukul 19.00 WIB di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pasalnya, tim yang lolos ke Piala AFC U-19 2020 adalah tim yang menjadi juara grup. Selain juara grup, ada empat klub runner-up terbaik yang juga akan melaju.

Saat ini, tim asuhan Fakhri Husaini  berada di puncak klasemen grup K dengan 6 poin hasil dua kemenangan tanpa kekalahan. Di urutan kedua Korea Utara dengan 4 poin (satu kemenangan dan sekali imbang). Di posisi ketiga diduduki Hong Kong dengan 1 poin. Posisi juru kunci diisi Timor Leste tanpa poin.

Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini mengatakan Indonesia akan kembali mengejar kemenangan saat jumpa Korut. Meski hasil seri sudah cukup mengantarkan mereka lolos ke Uzbekistan tahun depan dengan status juara grup, namun Fakhri tetap menargetkan tiga poin bagi timnya. Ia pun sudah memantau permainan calon lawannya itu.

"Lawan Korea Utara, kami sudah punya gambaran kekuatan Korea Utara, karena kami sudah menonton langsung juga pada saat mereka bermain melawan Hongkong," ujar Fakhri kepada wartawan, Sabtu 9 November 2019.

Dia menambahkan, untuk bisa mengalahkan Korut pihaknya sudah menganalisis kekuatan lawan. Dengan begitu, tim pelatih telah mengantongi kelemahan dan kelebihan Korut.

"Saya terbantu juga dengan rekaman pertandingan yang kami dapatkan, saya bisa melihat secara utuh 90 menit Korea Utara mainnya seperti apa. Ini tentu menjadi modal kami juga, bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan Korea Utara," ucap eks kapten Timnas Indonesia itu.

Hal senada gelandang Timnas U-19 David Maulana. David mengatakan pihaknya sudah siap menghadapi Korut. Dia pun mengingatkan rekan-rekannya agar tidak terlena dengan kemenangan di dua laga perdana.

"Seperti kata coach Fakhri tadi, (kemenangan lawan Hong Kong) ini modal kami utk melawan Korea Utara. Saya tegaskan pada rekan-rekan, masih ada satu pertandingan lagi, saya harap mereka fokus dan tetap kompak seperti laga tadi," ujar David.

Sementara itu, Pelatih Timnas Korea Utara U-19, Pak Kyong-bong sesumbar sudah mengetahui kemampuan Timnas Indonesia U-19. Oleh karena itu, Kyong-bong tidak terlalu khawatir.

Mengenai kekuatan tersebut,  Kyong-bong mengaku tidak mau membocorkannya.  Namun, dia memastikan bahwa pihaknya sudah paham dengan kekuatan pasukan Fakhri Husaini tersebut.

"Kami sudah analisis kekuatan Indonesia. Kami juga punya rencana taktik untuk menghadapi Indonesia di pertandingan nanti," kata Kyong-bong.

Kyong-bong menyatakan timnya sudah melakukan persiapan maksimal untuk menjalani babak kualifikasi ini. Seluruh kekurangan yang ada telah diperbaiki. Selain itu, Kyong-bong percaya anak-anak asuhnya bisa bermain maksimal dalam setiap laga. Lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 jadi target utama.

"Kami sudah berlatih keras. Tujuannya memenuhi target untuk lolos ke babak grup (Piala Asia U-19 2020) dengan mendapatkan hasil bagus kualifikasi," katanya.

Kalahkan Hong Kong

Sebelumnya, Beckham Putra Nugraha dan kawan-kawan sukses meraih kemenangan kedua dengan skor 4-0 atas Hongkong, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat 8 November 2019 malam WIB. Di laga tersebut, gol pertama Timnas U-19 dicetak oleh Amiruddin Bagas Arrizqi pada menit ke-26. Bagas berhasil menyelesaikan umpan dari David Maulana.

Kemudian, Muhammad Fajar Fathur mencetak gol kedua bagi Timnas U-19 pada menit ke-30. Gol ini tercipta berkat umpan silang dari Supriadi.

Tambahan gol diciptakan oleh David Maulana. Kapten Timnas U-19 ini membuat gol dari tendangan bebas pada menit ke-61.

Amiruddin Bagus Kahfi menambah keunggulan Indonesia lewat tendangan penalti pada injury time. Wasit memberikan hadiah tendangan penalti setelah Bagas dilanggar di kotak penalti Hong Kong. ***

Bagikan: