Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Sedikit awan, 22.1 ° C

Pikiran Rakyat Juara Kejurnas Bulutangkis Antarmedia 2019

Erwin Kustiman
null
null

KUDUS, (PR).- Tim Pikiran Rakyat Bandung memastikan diri sebagai juara di ajang Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2019. Sukses tim asal Bumi Parahyangan ini diraih setelah di laga puncak yang digelar di GOR Jati, Kudus, Kamis (17/10) mengalahkan juara bertahan tim TVRI Pusat dengan skor tipis 2-1.

Tim Pikiran Rakyat dan Tim TVRI Pusat saling bentrok di laga pemuncak event bulutangkis yang digagas oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation setelah menyisihkan dua pesaing lainnya Tim TVRI Jateng dan Petisi.co di babak penyisihan.

Kemenangan tim Pikiran Rakyat di laga puncak melawan tim TVRI Pusat memang tak lepas keunggulan dalam menerapkan strategi penyusunan pemain. Pikiran Rakyat memang sempat tertinggal lebih dulu setelah di partai pertama yang memainkan partai ganda, pasangan Ade Jaenal/Cecep menyerah dari pasangan andalan TVRI Pusat, Pascal/Risdianto dengan skor telak 7-21, 6-21.

Namun, di partai kedua yang memainkan nomor tunggal, andalan Pikiran Rakyat, Deni mampu menyamakan kedudukan 1-1 setelah mencatat kemenangan mudah melawan Pipit dua game langsung 21-7, 21-4. Kemenangan Pikiran Rakyat akhirnya ditentukan di laga terakhir yang kembali memainkan nomor ganda. Pasangan Sumarjo/Wahyu gagal menyelamatkan TVRI Pusat dari kekalahan setelah dipaksa menyerah dari pasangan Pikiran Rakyat, Andri/Fahri dalam laga dua game 15-21, 13-21.

Babak Grand Final Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2019 ini meloloskan empat kontestan yang merupakan jawara di babak penyisihan zona yang telah dilaksanakan sebelumnya di tiga kota.

TVRI Jateng lolos ke Kudus setelah menjadi jawara di babak penyisihan Zona Tengah yang digelar di GOR Djarum, Magelang, 9-10 Oktober. Petisi.com juga meraih tiket ke grand final usai berjaya di penyisihan Zona Timur yang digelar di GOR Sudirman, Surabaya, 2-3 Oktober.

Sementara tim Pikiran Rakyat sebelumnya sudah lebih dulu berjaya di penyisihan Zona Barat yang digelar di GOR Kec.Tanah Abang, Jakarta, 25-27 September. Sedangkan Tim TVRI Pusat mendapatkan tiket khusus ke Kudus berdasarkan penilaian panitia sebagai runner-up terbaik dari ketiga zona.

Keempat tim yang lolos ke babak grand final di Kudus tersebut sebelumnya menjalani pertandingan dengan sistem setengah kompetisi. Tim TVRI Pusat sempat mengejutkan setelah memenangkan tiga laga penyisihan, masing-masing mengalahkan tim Pikiran Rakyat 2-1, menang atas tim Petisi.co 3-0, serta membungkam tim TVRI Jateng 2-1. Sedangkan tim Pikiran Rakyat harus puas berada di posisi runner-up berkat dua kemenangan melawan tim TVRI Jateng 3-0 dan melawan tim Petisi.co 3-0, serta kalah 1-2 dari TVRI Pusat.

Sesuai ketentuan peringkat 1 klasemen yang ditempati tim TVRI Pusat dan peringkat 2 klasemen yang diduduki tim Pikiran Rakyat dipertemukan kembali di laga puncak.  Pertemuan tim Pikiran Rakyat melawan TVRI Pusat memang sudah diprediksi sebelumnya karena kedua tim dari Zona Barat ini memang memiliki materi pemain dengan kemampuan yang relatif merata. Pertarungan kedua tim pun menjadi laga ulangan di babak final penyisihan Zona Barat yang dimenangkan oleh tim Pikiran Rakyat dengan skor 2-0.

Penyelenggaraan Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2019 ini merupakan yang ke-13 kalinya sejak pertama kali digelar pada tahun 2007. Langgengnya event ini pun merupakan salah bentuk konsistensi Bakti Olahraga Djarum Foundation dalam perkembangan bulutangkis di Tanah Air.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin dalam keterangannya kepada wartawan pun mengungkapkan dengan digelarnya event ini diharapkan makin mendekatkan para insan media dengan olahraga bulutangkis.

"Jadi teman-teman wartawan kami harapkan tidak hanya bisa menulis tapi juga merasakan bagaimana beratnya perjuangan seorang atlet untuk bisa meraih juara," ujar Yoppy. Lanjut Yoppy, dengan diselenggarakannya event ini pun diharapkan akan terjalin tali persaudaraan di kalangan insan media di seluruh Indonesia.

Sementara Sekjen PP.PBSI, Achmad Budiharto yang menyempatkan diri hadir di babak grand final Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2019 di Kudus ini juga mengaku bangga dengan konsistensi penyelenggaraan event ini.

"PBSI juga siap memfasilitasi sekiranya penyelenggaraan grand final event ini tahun depan diselenggarakan di lapangan Pelatnas Cipayung, sehingga para peserta tidak jenuh karena setiap tahun bertanding di Kudus," tantang Achmad Budiharto. ***

Bagikan: