Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 31 ° C

Indonesia Tutup Peluang Menuju Piala Dunia 2022

Miradin Syahbana Rizky
PESEPAK bola Timnas Indonesia Irfan Bachdim mengambil bola setelah berhasil membobol gawang Vietnam dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa, 15 Oktober 2019. Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 1-3.*/ANTARA
PESEPAK bola Timnas Indonesia Irfan Bachdim mengambil bola setelah berhasil membobol gawang Vietnam dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa, 15 Oktober 2019. Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 1-3.*/ANTARA

BALI, (PR).- Timnas Indonesia harus menutup peluang untuk bisa melaju ke tahap akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia usai menelan kekalahan keempat secara beruntun.  Menghadapi Vietnam, Yanto Basna dan kawan-kawan ini harus tertunduk malu ditumbangkan tim tamu dengan skor 1-3 dari Vietnam pada babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Selasa, 15 Oktober 2019 malam WIB.

Dengan kekalahan ini, maka Indonesia tetap menjadi satu-satunya tim yang belum meraih poin di Grup G. Sementara itu, Vietnam memuncaki papan klasemen dengan tujuh poin dari tiga pertandingan (2 kemenangan dan 1 hasil imbang).

Sebelumnya, tim yang diarsiteki Simon McMenemy itu kalah dari Malaysia dengan skor 2-3, Thailand (0-3), dan kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab. Indonesia pun semakin terpuruk di posisi juru kunci dengan minus 11 gol.

Meski masih menyisakan empat laga, tak mudah bagi Timnas Indonesia untuk menyapu bersih kemenangan. Pasalnya, dari empat laga itu hanya satu pertandingan yang dimainkan di kandang, tiga lainnya menjamu ke markas lawan.

Laga kandang Indonesia yakni terjadi saat akan melawan UEA pada 31 Maret 2020. Sementara tiga laga tandang yang harus dijalani adalah menghadapi Malaysia pada 19 November 2019, Thailand pada 26 Maret 2020, dan Vietnam pada 4 Juni 2020.

Dari catatan pertemuan dengan Malaysia sejak Piala AFF 2010, Timnas Indonesia tercatat belum pernah menang ketika bertandang ke Kuala Lumpur. Hal tersebut juga berlaku untuk laga kontra Thailand. Sejak 2008, Timnas Indonesia belum pernah meraih kemenangan saat bertandang ke Bangkok.

Apalagi jatah menuju ke tahap akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia hanya diambil juara grup dan empat runner-up terbaik. Dengan begitu, tidak ada tempat bagi Indonesia bersaing di Grup G.

Melawan Vietnam, tim tamu tampil lebih agresif sejak menit awal babak pertama. Namun, serangan yang dibangun Nguyen Van Toan dan kawan-kawan masih bisa diredam barisan pertahanan Indonesia yang kali ini diperkuat pemain naturalisasi anyar Otavio Dutra.

Kiper Indonesia Muhammad Ridho pun harus jatuh bangun untuk menahan gempuran tim lawan. Sepakan Trong Hoang di menit ke-18 masih bisa diblok M Ridho.

Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Vietnam akhirnya berbuah manis di menit ke-25. Yanto Basna gagal membuang bola kemelut di mulut gawang sehingga mampu dituntaskan Do Duy Manh.

PESEPAK bola Timnas Indonesia Alberto Goncalves (depan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Do Duy Manh (kedua kanan) dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa, 15 Oktober 2019. Indonesia kalah dari Vietnam dengan skor 1-3.*/ANTARA

Setelah tertinggal 0-1, Indonesia mencoba bermain lebih menyerang. Namun, kreasi serangan yang dibangun Lilipaly dkk masih belum mampu menjebol gawang Vietnam yang belum kebobolan di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Indonesia menghasilkan peluang terbaik pada menit ke-36 lewat aksi Lilipaly. Sayang, tembakan akrobatik Lilipaly menyambut umpan silang Beto Goncalves masih melenceng dari sasaran.

Skuat Garuda kembali mendapat peluang di menit ke-42. Namun, sundulan Yanto Basna memanfaatkan sepak pojok Evan Dimas masih bisa diamankan Dang Van Lam. Hingga turun minum Indonesia masih tertinggal 0-1 dari Vietnam.

Di babak kedua, Timnas Indoenesia langsung melancarkans serangan. Skuat Garuda mengejar ketertinggalan. Berkali-kali, Evan Dimas mengalirkan bola ke lini serang Skuat Garuda.

Justru Vietnam yang mendapatkan tendangan penalti, setelah Yanto Basna melakukan pelanggaran terhadap salah satu pemain Vietnam pada menit ke-55.

Que Ngoc Hai sukses menjadi algojo Vietnam mengecoh kiper Timnas Indonesia, Muhammad Ridho. Skor 2-0 untuk Vietnam.

Vietnam berhasil memperlebar keunggulan melalui Nguyen Tien Linh pada menit ke-61. Pertahanan Timnas Indonesia lengah dengan pergerakan Nguyen Tien Linh. Skor 3-0 untuk Vietnam.

Timnas Indonesia bermain tanpa pola dan melakukan umpan-umpan panjang. Permainan Skuat Garuda pun tidak jelas, usai tertinggal tiga gol.

Meski begitu, beruntung Timnas Indonesia dapat mencetak gol melalui Irfan Bachdim pada menit ke-84. Bola hasil tendangan kaki kirinya membobol gawang Vietnam. Skor 3-1 masih untuk Vietnam.

Vietnam mendapat peluang emas melalui tendangan penalti pada menit ke-90+5. Sayang, bola hasil tendangan penalti pemainnya diantisipasi Muhammad Ridho. Skor 3-1 untuk Vietnam pun bertahan hingga pertandingan selesai.***

Bagikan: