Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 19.1 ° C

Kharisma Bandung Targetkan Lolos Empat Besar Livoli

Irfan Subhan
Ilustrasi.*/REUTERS
Ilustrasi.*/REUTERS

BANDUNG, (PR).- Tim voli Kharisma Bandung menargetkan lolos ke babak empat besar turnamen Livoli Divisi Utama 2019, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 13 November, di GOR Dimyati, Tangerang.  

Sebelumnya, Kharisma Bandung mencetak sejarah baru setelah tampil sebagai runner up pada turnamen Livoli Divisi Satu tahun lalu. Tidak hanya itu, tim tersebut menjadi satu-satunya perwakilan Jawa Barat pada Livoli Divisi Utama tahun ini.

Manajer Kharisma Bandung, Stepanus Sarwo, mengatakan, dari segi kesiapan timnya sudah siap untuk bermain di Livoli Divisi Utama nanti. Bahkan sebelumnya, para pemain telah melakukan pemusatan latihan dan ikutserta di beberapa turnamen voli sebagai ajang pemanasan.

“Kita sudah siap 100 persen da tim akan berangkat besok pagi. Target mudah-mudahan bisa lolos ke babak empat besar atau paling tidak bisa tetap bertahan di Livoli Divisi Utama,” tutur Stepanus, Kamis, 10 Oktober 2019. 

Dia menambahkan, untuk komposisi pemain sendiri masih tetap sama. Akan tetapi, ada tambahan tiga pemain untuk posisi libero, quicker, dan open spike. Selain itu, tim ini juga diperkuat beberapa pemain yang tampil di Proliga.

“Kita memang padukan antara pemain senior dan junior. Total ada 15 pemain yang akan kita bawa, dan mayoritas pemain juga masih muda rata-rata kelahiran tahun 2000-an. Ini juga menjadi bagian dari pembinaan yang dilakukan Kharisma,” katanya.

Sebelum turun di Livoli Divisi Utama, tim putri Kharisma Bandung mengikuti berbagai turnamen voli. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kerja sama tim, serta menambah jam terbang para pemain.

“Saat mengikuti turnamen bola voli Piala Bupati Boyolali pada akhir bulan September kemarin, kita meraih peringkat kedua. Terakhir di kejuaraan voli di Purwakarta minggu kemarin kita bisa juara,” ujarnya.

Optimistis

Stepanus mengatakan, melihat perkembangan yang dicapai oleh para pemainnya, dia mengaku optimistis Kharisma Bandung bisa bersaing dengan tim-tim lainnya pada Livoli Divisi Utama nanti.

Selain teknik, mental para pemain juga terus diasah agar para pemain bisa semakin siap ketika mengarungi ketatnya kompetisi pada Livoli Divisi Utama nanti.  “Dari segi materi sudah cukup, hanya mungkin tinggal ketenangan dan mental pemain saja saat bertanding,” tuturnya.

Pada Livoli Divisi Utama tahun ini, diikuti 16 tim yang terdiri dari delapan tim putra dan delapan tim putri. Untuk peserta tim putra diikuti Surabaya Samator, Indomaret Sidoarjo, TNI AU Sukun, Yuso Yogyakarta, Berlian Bank Jateng, DPUPR Grobogan, TNI AL, dan Singapore VC Aceh.

Sementara untuk tim putri diikuti oleh Kharisma Bandung, Bank Jatim, TNI AL, PGN Popsivo Polwan, TNI AU Sukun, JWS Sulawesi Utara, Badak LNG Bontang, dan Vita Solo.***  

Bagikan: