Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 24.2 ° C

Tak Diperkuat Atlet Andalan, Anggar Jabar Tetap Optimistis di PON 2020

Arif Budi Kristanto
ATLET anggar Indonesia ketika brtanding di SEA Games 2015 di Singapura.*/DOK PR
ATLET anggar Indonesia ketika brtanding di SEA Games 2015 di Singapura.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 18 atlet pemusatan latihan daerah (pelatda) anggar Jawa Barat akan menjalani babak kualifikasi PON XX di GOR Gelora Universitas Semarang, Kamis, 10 Oktober 2019, sampai Senin, 14 Oktober 2019. Meskipun tidak diperkuat oleh sejumlah atlet peraih medali emas PON XIX/2016, Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jawa Barat tetap optimistis para atletnya akan lolos pada seluruh nomor yang dipertandingkan.

"Kami sudah memiliki tim inti 24 atlet dan akan kembali diseleksi menjadi 18 atlet untuk dikirim ke babak kualifikasi. Targetnya lolos saja dulu," kata Ketua Umum Pengprov Ikasi Jabar, Asyanti Rozana Thalib, di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin, 7 Oktober 2019.

Dia mengatakan, pembatasan usia maksimal atlet 26 tahun membuat sejumlah atlet andalan Jabar peraih medali emas PON XIX/2016 tidak bisa bertanding. Namun, kata Asyanti, potensi regenerasi atlet Jabar cukup besar sehingga pihaknya optimistis bakal tetap bisa meloloskan atlet untuk semua nomor pertandingan.

"PON 2020 ini para atlet yang tampil harus di bawah usia 26 tahun. Padahal, potensi para atlet Jabar yang berusia di atas 26 tahun masih besar. Mereka juara-juara PON 2016. Tapi itu sudah aturan dan kami tetap optimistis dengan tim yang sudah terbentuk," kata Asyanti. 

Dia mengatakan, tim anggar Jabar sudah menjalani rangkaian persiapan untuk melakoni babak kualifikasi. Sejumlah atlet dikirim ke Korea Selatan untuk meningkatkan kualitasnya.

"Ada empat atlet yang berlatih di Korea Selatan untuk persiapan PON. Mereka kami minta pulang untuk memperkuat Jabar di BK (babak kualifikasi). Setelah menjalani BK, mereka akan dikirim lagi ke Korea," katanya.

PON XX/2020 Papua/DOK. PR

Minimal, tim anggar Jabar bisa pertahankan prestasi PON 2016

Tim anggar Jawa Barat meraih gelar juara umum pada PON XIX/2016 dengan raihan lima emas, dua perak, dan tiga perunggu. Lima medali emas Jabar diraih pada nomor sabre perorangan putra dan putri, sabre beregu putri, epee beregu putri, dan foil beregu putra.

Ia mengatakan, target untuk meningkatkan pencapaian tersebut akan menjadi tantangan berat. Meski begitu, setidaknya, dia mengharapkan tim Jabar sanggup mempertahankan raihan medali PON 2016.

Ditambahkannya, tim anggar provinsi lain juga sudah mempersiapkan diri dengan luar biasa. Mereka juga mengirim atlet ke Korea sejak jauh-jauh hari untuk berlatih.

“Bahkan ada yang mengirim atletnya ke Jerman karena antusias ingin merebut gelar juara umum di PON 2020. Kalau Jabar tidak bisa menyamai upaya kompetitor, pasti kalah juga sama mereka. Apalagi daerah lain seperti Riau juga luar biasa bagus," kata Asyanti.***

Bagikan: