Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya berawan, 20.2 ° C

Tiga Pasang Atlet Bola Voli Pasir Jabar Lolos PON Papua

Arif Budi Kristanto
ILUSTRASI bola voli.*
ILUSTRASI bola voli.*

BANDUNG, (PR).- Jawa Barat berhasil meloloskan tiga pasang atlet bola voli pasir seusai menembus rangking 14 besar Babak Kualifikasi PON XX. Namun, kelolosan ini menjadi langkah awal untuk segera mempersiapkan diri lantaran persaingan yang akan makin ketat pada putaran final PON XX/2020 di Papua.

Pendamping tim bola voli pasir PON XX Jabar Nurhariri mengatakan,  peta persaingan pada cabang olah raga bola voli pasir PON XX akan sengit. Pasalnya, 14 tim yang sudah dipastikan lolos memiliki kekuatan yang hampir sama, baik dari aspek teknik maupun fisik para atlet.

"Untuk PON XX nanti, kita tidak bisa pilih-pilih lawan. Harus sudah siap tempur sejak babak awal," kata Nurhariri di Bandung, Rabu 11 September 2019
Dia mengatakan, dari rangkaian laga sepanjang fase kualifikasi,  tim Jabar masih perlu diperbaiki. 

Menurut dia, salah satu evaluasi dari hasil pelaksanaan babak kualifikasi lebih kepada aspek adaptasi dan penguasaan lapangan, serta peraturan dan permainan di bola voli pasir. Apalagi, pembinaan atlet bola voli pasir di Jabar baru digarap secara fokus dan serius dalam satu atau dua tahun terakhir.

"Kita harus sudah memulai lakukan spesialisasi atlet, di voli pasir atau indoor. Selama ini, kita belum terlalu fokus pada bola voli pasir, sementara provinsi lain sudah jauh-jauh hari. Kalau secara teknik dan fisik, pemain Jabar pun tidak kalah bagus. Hanya saja, kita kalah dari sisi jam terbang bermain dan adaptasi dengan kondisi lapang pasir karena kebanyakan pemain kita awalnya dari indoor. Jadi untuk evaluasi, kita harus perbanyak jam terbang, sertai meingkatkan adaptasi atlet untuk mengetahui karakteristik lapangan pasir," ujarnya. 

Laga penentuan

Sebagai informasi, Jawa Barat meloloskan tiga pasang atlet bola voli pasir setelah menembus rangking 14 besar babak kualifikasi PON XX di venue voli pasir Jakabaring Sport City (JSC),  Palembang, Sumatera Selatan. Ketiga pasang atlet bola voli pasir memastikan lolos ke PON XX/2020 setelah memenangkan laga penentuan kelolosan pada Jumat (6/9/2019).

Tiga pasang atlet bola voli pasir Jabar yang lolos ke PON XX/2020, terdiri dari dua pasang atlet putri dan satu pasang atlet putra. Mereka adalah dua pasang atlet bola voli pasir putri atas nama Melganes Robiul Awal/Nova Riana yang mennggunakan nama  timJabar 1 serta pasangan Jabar 2 atas nama Risa Maulina Agustin/Deahaya Nilakandi Rahma. 

Sementara itu, sepasang atlet putra yang lolos yakni pasangan tim Jabar 2 atas nama Rudi Herdiansyah/Egi Gandana. Sedangkan pasangan Jabar 1 putra atas nama Saluki Zamaludin/Jihan Fachri Widiatmoko gagal untuk bisa berlaga di PON XX tahun 2020 Papua.

Pada babak penentuan kelolosan menuju PON XX/2020, pasangan Jabar 1 Melganes-Nova menundukkan perwakilan Sumsel 2, Tri/Evita dalam laga dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-13. Sedangkan pasangan Jabar 2, Risa/Deahaya berhasil menghentikan laju pasangan Maluku 2, Aprilia/Yolanda dengan skor 21-8 dan 21-11.

"Alhamdulillah, dua pasang atlet putri yang dikirim ke kualifikasi ini berhasil lolos dan berhak tampil pada PON XX tahun 2020 di Papua," ujar Pelatih tim bola voli pasir putri Jabar, Siti Nurjannah.

Sementara pasangan Jabar 1 putra, Rudi/Egi memastikan kelolosan menuju PON XX tahun 2020 usai menekuk pasangan Sumbar 2, Rival A/Ghema F dengan skor 21-17 dan 21-16. Pasangan asal Jabar nomor 2, Saluki/Jihan harus bertekuk lutut mengakui kekalahan atas pasangan DKI Jakarta 1, Gunawan/Defri dengan skor 17-21 dan 13-21. 

"Pasangan Jabar 2 memang harus bertemu dengan tim kuat sejak babak pertama. Di awal, mereka harus berhadapan dengan pasangan NTB 1 yang notabene pemain nasional dan di babak penentu untuk bisa lolos ke PON XX, mereka kalah atas DKI Jakarta," ujar pelatih tim bola voli pasir putra Jabar Karsono.
Jabar mengirimkan dua pasang atlet putri dan dua pasang atlet putra pada babak kualifikasi PON XX cabang olahraga bola voli pasir. Pada babak kualifikasi PON XX ini, tim yang menempati peringkat 14 besar berhak untuk tampil di PON XX pada September 2020 mendatang di Papua.***

Bagikan: