Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20 ° C

Barcelona Tergabung dalam Grup Maut Liga Champions

Miradin Syahbana Rizky
*/FCBARCELONA.COM
*/FCBARCELONA.COM

MONACO, (PR).- Undian babak penyisihan grup Liga Champions musim 2019-20 baru saja selesai dilakukan di Grimaldi Forum, Monaco, Jumat, 30 Agustus 2019 dini hari WIB. Dari undian yang dilakukan Wesley Sneijder dan Petr Cech ini, Barcelona tergabung di grup neraka, yakni di Grup F bersama Borussia Dortmund dan Inter Milan.

Grup neraka lainnya adalah Grup A di mana tim pemegang rekor juara terbanyak, Real Madrid harus bersaing dengan klub kaya raya, PSG. Sementara itu, jawara bertahan Liverpool kembali dipertemukan dengan Napoli di Grup E. Keduanya juga tergabung dalam satu grup pada musim lalu.

Direktur olahraga Barcelona, Guillermo Amor mengakui sendiri fase grup ini akan sulit. Barca, yang mencapai semifinal musim lalu, harus memberikan kemampuan terbaik mereka sejak awal. "Ini adalah grup kuat dari nama-nama yang ada. Saya selalu menghargai Slavia (Prague), ini grup tangguh, pada akhirnya akan ditentukan oleh cara bermain kami," tutur Amor kepada Movistar.

"Kami sudah tidak sabar menghadapi pertandingan ini dan kami akan sekali lagi memberikan segalanya pada kompetisi ini." Amor yakin Barcelona yang sekarang lebih siap melangkah sampai ke final. Pengalaman pahit dua tahun terakhir memaksa mereka memahami apa yang perlu dilakukan.

"Kami memiliki pengalaman dari tahun lalu dan tahun sebelumnya. Kami akan berkonsentrasi dan mental kami harus lebih kuat tahun ini," tutur Amor. Barca memang punya memori buruk dengan Liga Champions dua musim terakhir. Pada fase gugur, Barca membuang kemenangan besar di leg pertama dengan menelan kekalahan mengenaskan di leg kedua. Padahal, Barca unggul terlebih dahulu di Camp Nou.

Kapten Dortmund, Marco Reus mengatakan, ia dan rekan-rekan setimnya sudah membicarakan mengenai kemungkinan bertemu dengan Barcelona. Dia pun mengaku tertantang dengan bertemu klub juara Liga Spanyol itu. "Kami semua sepakat bahwa kami akan senang bersama Barcelona. Ternyata itu benar-benar terjadi!" kata Reus seperti yang dilansir dari BBC. 

Karena bergabung di grup neraka, Reus mengakui pertarungan penyisihan grup timnya tak akan mudah. Tak cuma karena ada Barcelona, tetapi karena di grup tersebut ada tim-tim yang sudah lama tak dihadapi Dortmund. "Pertandingan melawan Barcelona akan menjadi suasana pesta bagi kami dan para penggemar kami! Kami percaya pada kualitas kami dan tujuan kami adalah untuk melaluinya," ujar Reus.

Sementara itu, pelatih Slavia Praha, Jindrich Trpisovsky, berujar bahwa ia dan anak asuhnya langsung "menyalahkan" Petr Cech atas hasil undian tersebut. Cech merupakan mantan pemain yang berasal dari Ceko. Ia turut diberi kesempatan mengambil undian saat drawing fase grup Liga Champions. Menurut Trpisovsky, Grup F adalah grup yang fantastis.

"Ia (Cech) melakukannya dengan baik. Lawan kami adalah klub yang fantastis dengan tradisi yang hebat sehingga para penggemar kami dapat menantikan pertandingan yang paling menarik," ujar Trpisovsky.

Dia pun mengaku sudah tidak sabar untuk menghadapi pertandingan, terutama saat melawan Dortmund, yang pendukungnya selalu menyuguhkan aksi yang fantastis. "Semua pertandingan akan menjadi hadiah besar bagi para penggemar setia kami yang mendukung kami selama musim ini," ujar dia.

Pertandingan pertama fase grup Liga Champions akan dimulai 17-18 September mendatang. Babak penyisihan akan berlangsung dari 10-11 Desember. Untuk tahun ini, final akan dihelat di Stadion Ataturk Olimpiyat, Istanbul, Turki. Final akan dihelat pada 30 Mei 2020.

Berikut pembagian grup Liga Champions 2019/2020. Grup A: PSG, Real Madrid, Club Brugge, Galatasaray. Grup B: Bayern Munchen, Tottenham Hotspur, Olympiakos dan Crvena Zvezda.  Grup C:  Manchester City, Shakhtar Donetsk, Dinamo Zagreb Atalanta. Grup D : Juventus, Atletico Madrid, Bayer Leverkusen, Lokomotiv Moscow. Grup E:  Liverpool, Napoli, Red Bull Salzburg, Genk. Grup F:  Barcelona, Borussia Dortmund, Inter Milan, Slavia Praha. Grup G:  Zenit St Petersburg, Benfica, Lyon, RB Leipzig. Grup H: Chelsea, Ajax Amsterdam, Valencia dan Lille.***

Bagikan: