Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32.2 ° C

Tunjukkan Prestasi, Banyak Pihak akan Dukung KONI Mandiri

Erwin Kustiman
null
null

JAKARTA, (PR.- Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana menegaskan keinginan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk mandiri bukan sekedar mimpi namun sangat mungkin untuk diwujudkan. Asal bisa menunjukkan prestasi para atlit di berbagai cabang olahraga maka bakal banyak pihak memberikan dukungan termasuk dana untuk mewujudkan niat mulia tersebut.

Motivator internasional itu menyampaikan hal tersebut saat sharing Komunikasi dan Motivasi dengan sekitar 200 orang pengurus KONI Pusat, KONI Provinsi, dan Ketua Cabang Olahraga di hotel Borobudur Jakarta pada Rabu pagi (28/9/2019) kemarin. Acaranya adalah Workshop KONI Pusat yang bertajuk Terobosan Strategis KONI Pusat 2019 - 2023: Menuju Kemandirian.

Dr Aqua menyampaikan materi berjudul Bersinergi Mendukung KONI untuk Menghasilkan Atlit Berprestasi di Tingkat Dunia. Mantan Wartawan di banyak media itu menambahkan dengan prestasi-prestasi para atlit baik di tingkat nasional maupun internasional maka akan membuat daya tarik banyak pihak mendukung KONI dan cabang-cabang olahraga serta atlit-atlit tersebut.

"Upayakan secara maksimal agar berbagai pihak percaya kepada KONI, cabang-cabang olahraga, dan para atlit. Jika itu terwujud maka dengan mudah akan mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak utamanya dana. Dengan begitu kemandirian yang dicita-citakan dapat terwujud, tidak tergantung dari bantuan pemerintah yang jumlahnya terbatas," kata doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Banyak yang Sponsori Buku

Dr Aqua kemudian mencontohkan yang dilakukannya pada buku super best seller The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi. Buku itu awalnya ditulis dan diterbitkan dengan tujuan utama diberikan ke semua tamunya  saat promosi doktor dirinya pada 15 April 2016 lalu di Bandung.

Saat proses penulisan buku itu Aqua lewat WA mengontak teman-teman akrabnya untuk mengabarkan ke mereka bahwa dia sedang menulis buku untuk dibagikan ke seluruh tamunya saat promosi doktor. Kepada mereka ditawarkan pasang iklan di buku tersebut.

Sambutannya luar biasa. Tidak sampai 10 menit sudah  ada komitmen 200 juta rupiah. Tiga hari kemudian 500 juta rupiah. Menjelang bukunya terbit lebih dari 1 miliar rupiah.

"Uangnya saya terima sebelum bukunya terbit. Waktu itu saya tidak pakai proposal dan untuk meyakinkan mereka ngga perlu ngomong berbusa-busa. Cukup menggunakan WA saja. Karena mereka teman lama dan selama ini persahabatannya terawat dengan baik sehingga ketika saya menawarkan untuk pasang iklan, tanpa banyak tanya kawan-kawan itu menyatakan setuju dan mendukung penuh. Itu menunjukkan sekaligus kepercayaan mereka yang sangat besar kepada saya," tegas Dr Aqua.

Kepada semua peserta Workshop dibagikan buku itu dan buku Produktif Sampai Mati yang merupakan kumpulan cerita motivasi dari Dr Aqua yang ditulis wartawan senior Erwan Widyarto.

Perusahaan-perusahaan yang pasang iklan, lanjut Aqua adalah korporasi besar yang bonafit. Antara lain bank yang nomor 3 dan 4 asetnya terbesar di Indonesia yakni BCA dan BNI.

"Kedua Direktur utama bank itu yakni Pak Jahja Setiaatmadja dan Pak Ahmad Baiquni adalah teman akrab saya. Persahabatan kami sudah sejak lama dan terjalin akrab sampai sekarang ini," ungkap Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini.

Sangat Mengapresiasi Marciano

Selain berusaha menumbuhkan kepercayaan dari banyak pihak, Dr Aqua menekankan ke semua peserta untuk menanamkan dalam diri masing-masing keyakinan atas niat baik dan upaya maksimal yang dilakukan untuk memajukan olahraga Indonesia. Contohnya adalah yang dilakukan Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman yang memimpin KONI Pusat dalam kondisi minus.

Sudah menjadi pengetahuan umum, ujar Dr Aqua bahwa pengurus lama KONI Pusat mengalami masalah hukum sehingga belasan miliar rupiah dananya di bank diblokir oleh KPK. Salah satu akibatnya selama 8 bulan semua karyawannya belum gajian.

Begitu mendapat amanah jadi Ketua Umum KONI Pusat Marciano berusaha mencari solusi atas semua masalah tersebut. Bahkan beberapa hari lalu dalam waktu yang terbatas telah melaporkannya ke Presiden Jokowi.

"Saya sangat mengapresiasi Pak Marciano karena dengan kondisi KONI Pusat yang minus, melaksanakan acara hari ini di hotel bintang lima. Kalau ke beliau ditanya dana pelaksanaan dari mana, saya yakin jawabnya dari Allah SWT," ungkap Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini yang disambut tepuk Tangan seluruh yang hadir.

Dr Aqua yang bicaranya lugas dan apa adanya membuat ratusan peserta terkesima dan antusias. Mereka sangat termotivasi dan sesuai dengan amanah masing-masing ingin berbuat yang terbaik untuk kejayaan olahraga di Indonesia. 

Saat sesi tanya-jawab banyak yang bertanya. Mereka tertarik dengan semua yang disampaikan Dr Aqua. Waktunya yang terbatas sehingga tidak semuanya penanya kebagian kesempatan untuk bertanya.

Sebelum Dr Aqua tampil saat memberi sambutannya Marciano menyampaikan sengaja mengundang Dr Aqua sebagai pakar Komunikasi di acara tersebut untuk bicara, agar semua yang hadir dapat belajar dan meningkatkan kemampuan komunikasinya. Untuk memajukan olahraga di Indonesia salah satu kuncinya adalah kelancaran Komunikasi dengan pihak-pihak terkait termasuk para atlet.

"Pak Aqua, terima kasih karena telah sharing Komunikasi dan Motivasi dengan peserta Workshop ''Terobosan KONI Pusat 2019 - 2023 Menuju Kemandirian''. Mereka sangat antusias. Semoga semakin percaya diri dengan tulus dan ikhlas memajukan olahraga Indonesia dalam meraih prestasi dunia," ujar Marciano.***

Bagikan: