Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Langit umumnya cerah, 19 ° C

Tiga Wakil Indonesia Tembus Semifinal BWF World Championship 2019

Wina Setyawatie
GANDA putra Indonesia, Fajar Alfian-M. Rian Ardianto, sukses menembus babak semifinal setelah mengalahkan wakil Korea, Choi Solgyu-Seo Seung Jae, 21-13, 21-17, dalam pertandingan perempat final yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Jumat, 23 Agustus 2019, waktu setempat. Di 4 Besar, mereka akan berhadapan dengan seniornya Hendra Setiawan-M. Ahsan untuk perebutkan satu tempat di final.*/DOK PBSI
GANDA putra Indonesia, Fajar Alfian-M. Rian Ardianto, sukses menembus babak semifinal setelah mengalahkan wakil Korea, Choi Solgyu-Seo Seung Jae, 21-13, 21-17, dalam pertandingan perempat final yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Jumat, 23 Agustus 2019, waktu setempat. Di 4 Besar, mereka akan berhadapan dengan seniornya Hendra Setiawan-M. Ahsan untuk perebutkan satu tempat di final.*/DOK PBSI

BASEL, (PR).- Indonesia menempatkan tiga wakil ke babak semifinal BWF World Championship 2019. Seluruh wakil yang menembus babak 4 Besar datang dari sektor ganda.

Mereka yakni ganda putri Greysia Polii-Apriyani Rahayu, serta dua ganda putra Hendra Setiawan-Mohamad Ahsan dan Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto. Dengan melangkah ke semifinal, maka ketiganya memastikan membawa pulang medali.

Greysia-Apriyani melangkah lebih dulu melalui pertandingan yang berlangsung di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Jumat, 23 Agustus 2019, waktu setempat. Mereka mengalahkan unggulan ke empat asal Tiongkok, Chen Qing Cheng-Jia Yi Fan, dalam dua gim yang ketat yakni 25-23, 23-21. Ini merupakan sukses ulangan tahun lalu, di mana pasangan itu juga menembus semifinal.

"Alhamdulillah, senang dan bangga dengan hasil hari ini. Tapi ingat, masih ada pertandingan selanjutnya. Kita persiapan lagi, main lagi dari awal. Berusaha tetap menikmati permainan, satukan pikiran, satukan hati. Harus siap untuk laga berikutnya," kata Apriyani.

AKSI apik Greysia Polii-Apriyani Rahayu dalam babak semifinal Malaysia Master 2019 membawa pasangan peringkat empat dunia tersebut ke partai puncak. Menghadapi unggulan kedua, Misaki Matsutomo-Ayaka Takahashi mereka menang tiga gim 20-22, 21-13, dan 21-19 pada pertandingan yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu, 19 Januari 2019.*/DOK PBSI

Permainan kedua pasangan ini memang sangat ketat. Di awal gim pertama, Greysia-Apriyani terus berada di bawah tekanan lawan. Baru setelah bisa menyamakan kedudukan 17-17, pasangan peringkat lima dunia ini secara perlahan bisa membalikkan posisi hingga akhirnya mengambil alih kemenangan. 

Begitu juga di gim kedua, keduanya juga saling jual serangan. Greysia-Apriyani sempat merebut match point 20-19 lebih dulu, namun Chen-Jia berhasil memaksakan setting point hingga dua kali. Beruntung, dewi fortuna ada di pihak Indonesia dan akhirnya Greysia-Apriyani pun petik kemenangan. 

"Awal gim pertama, kami sempat kehilangan 'hawa' permainan di lapangan. Mereka (Chen-Jia) berusaha membawa kami ke permainan cepat mereka untuk menekan. Tapi pelatih mengingatkan jangan sampai kalah 'hawa' duluan. Dari situ kami seperti tertampar, oiya benar juga. Jadi kami berusaha langsung masuk ke strategi dan bermain setenang mungkin," ucap Greysia. 

Amankan tiket final di ganda putra

Di ganda putra, Hendra-Ahsan kembali meneruskan tren positifnya dengan memetik kemenangan 21-17, 21-19 atas pasangan Taiwan, Liao Min Chun-Su Ching Heng. Hendra-Ahsan memiliki catatan bagus atas lawannya. Dari tiga pertemuan sebelumnya, mereka sukses mengantongi dua kemenangan atas Liao-Su.

"Melawan mereka memang tidak pernah mudah. Tiga kali bertemu sebelumnya juga selalu ramai. Tadi intinya, kami berusaha fokus dari awal. Berusaha untuk bisa menerapkan permainan kami dulu," ungkap Hendra. 

PEBULU tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kanan) dan Hendra Setiawan melakukan tos saat bertanding melawan pebulu tangkis ganda putra Jepang Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi pada babak semifinal Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 20 Juli 2019.*/ANTARA

Perlawanan dari Liao-Su datang di gim kedua. Sempat unggul 18-13, lawan berusaha mendekatkan diri hingga akhirnya terjadi poin imbang 19-19. Beruntung, Hendra-Ahsan lebih matang dalam menghadapi kondisi di poin-poin kritis hingga akhirnya mereka pun menutup dengan kemenangan. 

"Mungkin karena sudah ketinggalan, mereka mainnya jadi lebih lepas dan itu justru menambah kepercayaan diri mereka. Sementara sebaliknya, ketika unggul dan bisa disusul, kami justru agak ketekan mainnya. Beruntung di ujung, kami bisa fokus," tutur Ahsan. 

Kemudian, kemenangan Fajar-Rian 21-13, 21-17 atas Choi Solgyu-Seo Seung Jae dari Korea membuat Indonesia mengamankan tiket babak final di sektor ini. Kedua pasangan ganda Indonesia ini nantinya akan saling bertemu di babak 4 Besar. Sejauh ini, kedua pemain baru sekali bertemu di German Open 2018 dan kemenangan menjadi milik Fajar-Rian.***

Bagikan: