Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 20.5 ° C

Fajar-Rian Menang, Indonesia Amankan Tiket Final Ganda Putra BWF World Championship 2019

Wina Setyawatie
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

BASEL, (PR).- Kemenangan Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto pada babak ketiga BWF World Championship 2019 atas Choi Solgyu-Seo Seung Jae dari Korea Selatan membuat Indonesia mengamankan tiket babak final di sektor ganda putra.

Mereka akan bertemu dengan seniornya Hendra Setiawan-Mohamad Ahsan pada babak semi final.

Bermain di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Jumat 23 Agustus 2019 waktu setempat, Fajar-Alfian menang 21-13, 21-17.

Sebelumnya, Hendra-Ahsan meneruskan tren positifnya dengan memetik kemenangan 21-17, 21-19 atas pasangan Taiwan Liao Min Chun-Su Ching Heng.

Lioa-Su adalah pasangan yang menumbangkan ganda nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon pada babak kedua. 

"Siapa pun lawannya, pasti harus siap karena melawan teman sendiri, ada plus-minusnya, tapi yang pasti lega karena Indonesia ada wakil pada final. Melawan Hendra-Ahsan tidak akan mudah. Mereka sedang benar-benar dalam performa puncaknya," kata Fajar.

Kendati menaruh hormat kepada seniornya, Fajar menilai, di lapangan tidak ada yang tidak mungkin. Dia akan berusaha sekuat tenaga untuk membuktikannya.

Sejauh ini, kedua kubu baru sekali bertemu yaitu di German Open tahun lalu. Ketika itu, kemenangan menjadi milik Fajar-Rian kendati dengan poin ketat 22-20, 22-20.

"Penampilan kami belakang ini kurang bagus. Apalagi pada tiga turnamen terakhir. Semoga di sini kami bisa memberikan penampilan terbaik," ujar Fajar.

Penampilan calon lawan Fajar-Rian, Hendra-Ahsan sedang bagus-bagusnya. tahun ini, dari 14 turnamen yang diikuti, mereka menembus babak final pada 6 turnamen. Dari 6 final tersebut, 2 gelar juara berhasil disabet yakni di All England dan New Zealand Open 2019.

Keinginan Hendra untuk bisa membawa pulang medali tercapai, tetapi dia tidak ingin puas hanya membawa pulang perunggu.

"Keinginan untuk membawa pulang medali tercapai. Tapi, kalau bisa harus lebih lagi," tuturnya.

Ganda putri

Di sektor ganda putri, Greysia Polii-Apriyani Rahayu mengulang suksesnya di kejuaraan ini pada tahun lalu dengan menembus Babak 4 Besar. Dengan melangkah ke semifinal, Greysia-Apriyani memastikan membawa pulang medali.

Pasangan itu menjadi kunci pendobrak keberhasilan Indonesia pada BWF World Championship 2019. Mereka melangkah terlebih dahulu ke babak selanjutnya setelah pada babak ketiga mengalahkan unggulan keempat asal Tiongkok, Chen Qing Cheng-Jia Yi Fan dalam dua gim yang ketat yakni 25-23, 23-21.***

Bagikan: