Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 21.8 ° C

AFK Bandung Gelar Women Bandung Futsal League 2019

Miradin Syahbana Rizky
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Untuk pertama kalinya, Asosiasi Futsal Kota Bandung siap menggelar Women Bandung Futsal League 2019 di Lapangan Queen, Kota Bandung, pada 24 Agustus hingga 29 September 2019. Anggota komite eksekutif bidang kompetisi AFK Bandung Eric Muhammad Ginanjar mengatakan peserta terdiri dari 12 tim se-Kota Bandung.

Eric mengatakan, Women Bandung Futsal League 2019 merupakan wadah bagi pihaknya untuk secara konsisten melakukan pembinaan futsal wanita. Pasalnya, selaku juara Porda Jabar 2018 lalu, Kota Bandung harus bisa menghidupkan kompetisi guna memberikan jam terbang kepada para pemain futsal wanita.

"Kami ingin memberikan ruang eksistensi bagi para pemain sekaligus memberikan jam terbang. Ini juga sebagai tempat untuk melakukan penjaringan pemain futsal wanita untuk event daerah maupun Nasional," ucap Eric seusai menggelar teknikal meeting di Gedung Askot PSSI Kota Bandung, Jalan Gurame, Kota Bandung, Kamis, 22 Agustus 2019.

Dia menambahkan, para peserta akan terbagi dalam dua grup yakni Grup A dan Grup B dimana satu grup berisikan enam tim. Grup A dihuni oleh Unpar, Inspire, Yesterday afternoon, Owl Sahati, Futsal 35 Putri dan Porib Ladies. Lalu Grup B ditempati oleh  Goal Aksis Female, DKRC Female, Putri Union, Isola Upi, NFC Mojang dan CA2 Women.

PARA Peserta Women Bandung Futsal League 2019 berfoto bersama usai mengikuti teknikal meeting di Gedung Askot PSSI Kota Bandung, Jalan Gurame, Kota Bandung, Kamis, 22 Agustus 2019.*/MIRADIN SYAHBANA RIZKY/PR

"Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak final four. Tim akan bermain hanya di tiap hari Sabtu akhir pekan. Dengan begitu, masa pemulihan pemain antar pertandingan sangat cukup," tuturnya.

Eric mengatakan di tahun perdana ini para pemain belum dibatasi usia. Namun, kata dia, rata-rata usia pemain masih cukup muda yakni 18 hingga 25 tahun.  Artinya, banyak pemain putri usia muda tertarik terhadap futsal.

"Tahun ini kita batasi 12 tim dulu meski peminat cukup banyak. Insya Allah tahun depan akan lebih banyak lagi. Karena ini merupakan bagian dari program AFK Kota Bandung," ujarnya.

Selain itu, Eric mengatakan, setiap tim berhak merekrut dua pemain profesional maupun mantan profesional. Dia berharap kehadiran para pemain tersebut bisa menjadi role model para pemain muda di Women Bandung Futsal League 2019.

"Kompetisi dipastikan berjalan menarik karena setiap tim boleh merekrut dua pemain profesional maupun mantan profesional. Tapi dalam satu pertandingan hanya boleh satu yang masuk daftar susunan pemain," ujar Eric.***

Bagikan: