Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.9 ° C

Catur Jabar Siap Hadapi Babak Kualifikasi PON XX Oktober 2019

Miradin Syahbana Rizky
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Tim catur Jawa Barat siap menghadapi Babak Kualifikasi PON XX 2019 yang akan diselenggarakan pada 25 hingga 30 Oktober di Semarang, Jawa Tengah. Sekretaris Umum (Sekum) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Barat, Dicky Irvan Firmansyah mengatakan BK PON XX 2019 di Semarang lebih dahulu menggelar pertandingan kategori putra.

"BK PON Oktober nanti putra dulu. Untuk putri nanti BK PON akan digelar pada November 2019 di Medan, Sumatera Utara," ucap Dicky di Bandung, Rabu, 21 Agustus 2019.

Dicky mengatakan, untuk menghadapi BK tersebut pihaknya telah membentuk tim inti catur putra Jabar. Mereka berkekuatan enam pemain dan satu veteran yakni Sutanto Megaranto, Anjas Novita, Farid Firmansyah, Arif Abdul Hafiz, Awam Wahono, M Lufti Ali. Untuk veteran adalah Syarif Hidayat.

"Mereka telah mengikuti Pelatda sejak Mei lalu. Jadi persiapan sudah sangat matang dan insya Allah mencapai 100 persen," tuturnya.

Sedangkan untuk tim putri, kata dia, berkekuatan lima orang. Mereka yakni Irene K Sukanda, Media Aulia, Dewi Citra, Diajeng dan Dita Karenza. Menurut dia, meski BK baru digelar November tapi secara persiapan tim putri sudah dalam kondisi siap bertanding.

"Untuk tim putri persiapan masih terus berjalan. Tapi sebelum berangkat ke Medan Percasi Jabar akan menggelar Musda pemilihan Ketua Umum pada 15 September terlebih dahulu," katanya.

KETUA Umum KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin menerima atlet catur Jabar di Gedung KONI Jabar Jalan Pajajaran, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.*/MIRADIN SYAHBANA RIZKY/PR

Meskipun demikian, menurut dia, baik tim putra dan putri siap meloloskan nomor pertandingan sebanyak mungkin. Dicky menginginkan catur Jabar bisa mengamankan 15 nomor di PON XX Papua 2020.

"Kami tentunya ingin mengulang jumlah nomor yang dipertandingkan pada PON Jabar 2016 lalu. Saat itu Jabar memainkan 15 nomor.  Insya Allah kami siap," ujarnya. 

Dia menambahkan, saat ini pihaknya belum mendaftarkan nama-nama siapa yang akan bermain di nomor tunggal ataupun beregu. Sebab, hal ini untuk menjaga kerahasiaan serta strategi pertandingan.

"Kami baru akan menentukan siapa yang bermain di tunggal ataupun beregu saat menjelang pertandingan. Ini semata-mata demi strategi permainan agar tidak terbaca lawan," tuturnya.***

Bagikan: