Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Sebagian cerah, 29.9 ° C

Sawa Dojo Pusdikif Siapkan Kaderisasi Atlet Karate

Arif Budi Kristanto
*/ARIF BUDI KRISTANTO/PR
*/ARIF BUDI KRISTANTO/PR

BANDUNG, (PR).- Unit khusus bela diri karate Kuhsin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Sawa Dojo Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) diresmikan di Mako Pusdikif Bandung, Jalan Cisokan, Kota Bandung, Jumat, 2 Agustus 2019. Sebagai tempat latihan seni bela diri untuk prajurit dan masyarakat, Sawa Dojo Pusdikif siap menjadi sarana kaderisasi atlet karate bagi daerah maupun nasional. 

Peresmian Sawa Dojo Pusdikif diprakarsai oleh Kolonel Inf Khairul Anwar M. S.H, M.Tr. ( Han). Selain peresmian, pada acara yang dihadiri Ketua Umum FORKI Jabar Gianto Hartono dan Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat KKI Suhendi Noer itu juga digelar pemberian penghargaan kepada Muhammad Ilham Saripuddin yang telah menjuarai kelas 84 kumite dengan meraih mendali emas Kejuaraan Nasional Walikota Surabaya Cup International Open Karate Championship 2019. Diberikan pula anugerah kehormatan DAN II KKI kepada Kolonel Inf Khairul Anwar M. S.H, M.Tr. ( Han) oleh Sensei Sawanori Matsuzaki sebagai Guru Sawadojo KKI.

Di tengah acara, disajikan atraksi demontrasi para anggota KKI Pusdikif, yakni prajurit dan para putera putri prajurit yang sudah bergabung dalam Sawa Dojo Pusdikif. "Sawa Dojo Pusdikif ini diharapkan dapat melahirkan petarung yang andal, melahirkan atlet karate Jabar maupun nasional. Kami berharap Pusdikif Sawa Dojo terus berlanjut untuk melatih para pemuda  peminat beladiri karate sehingga bisa berkontribusi untuk meningkatkan prestasi  tingkat nasional maupun internasional" kata Komandan Pusdikif Kolonel Inf Khairul Anwar M. S.H, M.Tr. ( Han).

Dia menambahkan, untuk program selanjutnya, Sawa Dojo Pusdikif akan menerima anggota baru dari kalangan umum serta melanjutkan kegiatan latihan dalam rangka turut mencetak kader atlet karate.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar  Ahmad Saefudin berterimakasih kepada Lembaga Pusdikif, khususnya kepada Komandan Pusat Pendidikan Infanteri, Kolonel Inf Khairul Anwar sebagai pemrakarsa berdirinya Sawa Dojo Pusdikif. "Sawa Dojo Pusdikif sangat positif dalam rangka membina serta menyalurkan minat, bakat dan kemampuan bela diri, khususnya karate ( KKI) baik untuk kalangan prajurit maupun masyarakat umum. Kami berharap, melalui Sawa Dojo akan lahir atlet-atlet Jabar potensial serta terbentuk semangat membangun prestasi pada bidang olah raga," ujar Ahmad. 

Guru Sawa Dojo Sensei Sawanori Matsuzaki menambahkan, Sawa Dojo Pusdikif  diharapkan dapat menjadi contoh dalam kehidupan untuk masyarakat dalam membentuk disiplin, rasa sayang terhadap kawan, dan orang tua. "Selain tentunya berlatih sebagai fighter sehingga menjadi atlet nasional. Kami harap Sawa Dojo bisa melahirkan banyak atlet potensial yang kelak berprestasi pada level daerah, nasional, bahkan internasional," ujarnya.***

Bagikan: