Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 22.8 ° C

Tim Putri Jawa Barat Selangkah Lagi Juara Babak Kualifikasi PON 2020

Arif Budi Kristanto
TIM putri sofbol Jawa Barat.*/DOK. ISTIMEWA
TIM putri sofbol Jawa Barat.*/DOK. ISTIMEWA

BANDUNG, (PR).- Tim sofbol putri Jawa Barat semakin dekat menuju gelar juara Babak Kualifikasi PON XX setelah mengunci tiket ke babak final. Tim Jabar masih menjaga kesempurnaan grafik kemenangan setelah menundukkan Sulawesi Utara 4-1 pada pertandingan semifinal Babak Kualifikasi PON XX di lapangan sofbol Komplek Olahraga Kelapa Dua Tangerang, Sabtu, 20 Juli 2019.

"Alhamdullilah Jawa Barat sudah masuk putaran final PON XX dan setelah tujuhan pertandingan tak terkalahkan, Jawa Barat juga akan menghadapi Papua di final BK PON pada Minggu, 21 Juli 2019," ujar Sekretaris Umum Persatuan Bisbol dan Sofbol Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jawa Barat Arfan Joelianto melalui telefon, Sabtu, 20 Juli 2019.

Selain dipastikan akan berlaga di PON Papua 2020 nanti, kemenangan pada babak semifinal membuat tim sofbol putri Jawa Barat berhasil mencapai target untuk tampil di laga final kualifikasi PON XX cabang olahraga sofbol. Pelatih tim softball putri Jawa Barat, Benidetus Muni Lahera menambahkan, ini menjadi final pertama tim sofbol putri Jawa Barat pada ajang kualifikasi PON maupun PON dalam 11 tahun terakhir. "Tim sofbol putri Jawa Barat terakhir kali tampil pada final PON yakni pada PON XVII di Kalimantan Timur," ujarnya.

Kendati target  lolos ke PON XX dan tampil di laga puncak kualifikasi sudah terpenuhi, Beni menegaskan tim putri Jawa Barat tidak akan melepas begitu saja kesempatan untuk jadi juara BK. Dia akan memotivasi Syehan Hana Rahmani dan kawan-kawan untuk tetap fokus dan bermain habis-habusan pada laga puncak kualifikasi PON XX/2020.

"Ini momentum kebangkitan softbol putri Jawa Barat setelah 11 tahun selalu gagal tampil di laga final kualifikasi PON maupun PON. Untuk lawan di babak final, kita akan bertemu Papua yang di babak semifinal mengalahkan Papua Barat," ujarnya.

Duel kontra Papua pada laga final, kata Beni, dipastikan bakal  ketat. Menurut dia, kedua tim memiliki kekuatan yang hampir merata plus diperkuat pemain gabungan dari junior serta senior maupun tim nasional.

"Tapi Jawa Barat punya bekal karena sudah mengalahkan mereka pada saat Kejurnas Sofbol Junior di Makasar 2017 dengan sebagian besar pemain yang sama di kualifikasi PON XX ini. Jadi, kami harus bermain lepas dan fokus pada setiap inning. Setiap kelengahan atau error akan sangat menentukan," ujarnya.

Dia menilai, tim Jawa Barat sudah menunjukkan performa apik pada laga semifinal kontra Sultra. Performa apik pitcher Jawa Barat Qisty Hardianty menjadi salah satu faktor kunci.

"Sultra juga memiliki pitcher yang bagus, namun kita punya kelebihan dari sisi catcher. Karena beberapa kali lemparan pitcher Sultra yang merupakan pitcher nasional, Wa Ode Siti Saputriani gagal ditangkap dengan baik oleh catcher-nya sehingga banyak error juga," kata Beni.

Pada laga kontra Sultra, Tim putri sofbol Jawa Barat sebenarnya memulai laga dengan kesulitan. Error yang dilakukan pemain Jabar membuat Sultra mencetak poin terlebih dulu pada inning 1A. Meskipun tertinggal duluan, tim putri Jawa Barat mampu tampil tenang dan membalas angka pada inning 1B setelah Nurul Vicka Dwi masuk home base memanfaatkan kesalahan lemparan pitcher Sultra.

Pada inning 2 hingga inning 4, kedua tim gagal mencetak angka sehingga skor sementara masih imbang 1-1. "Titik kebangkitan tim Jawa Barat terjadi pada inning 5. Setelah berhasil menahan laju para runner Sultra untuk mencetak poin, kita berhasil mencetak tiga poin," ujar Beni.

Tiga poin tambahan bagi Jawa Barat berawal dari pukulan Letia Nurviola yang kemudian diganti Safira Nurul. Jawa Barat mampu menempatkan tiga pelari pada tiga base pada inning 5B yakni Safira Nurul, Talitha Nessie, dan Innandya Asyifa.

Pada kondisi full bases bagi Jawa Barat, pitcher Sultra kembali melakukan kesalahan dengan illegal pitching sehingga Safira melanggang bebas masuk ke home base. Poin kedua di inning 5B, dicetak Talitha Nessie yang melaju ke home base berkat pukulan Innandya dan Innandya memastikan tiga poin di inning 5B setelah kembali memanfaatkan kesalahan pitcher Sultra.

Pada inning enam dan tujuh, Jawa Barat maupun Sultra sama-sama gagal mencetak poin. Dengan demikian, pertandingan dimenangkan Jabar dengan skor 4-1 dan memastikan maju ke babak final kualifikasi PON XX. 

"Semoga pada laga final anak-anak bermain lebih baik, lebih tenang karena dari laga semifinal ini mereka bermain lebih dewasa serta pengetahuan strategi bermain sofbol pun lebih baik. Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Jawa Barat," ujarnya.***

Bagikan: