Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Hujan singkat, 29.6 ° C

Kemenangan Ganda Putra dan Ganda Campuran Indonesia Meriahkan Blibli Indonesia Open 2019

Wina Setyawatie
GANDA putra Indonesia Fajar Alfian (kanan) dan Muhammad Rian Ardianto (kiri) meluapkan kegembiraan usai bertanding melawan ganda putra China Huang Kaixiang dan Liu Cheng pada babak pertama Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. Pasangan Fajar-Rian berhasil melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan pasangan Huang/Liu dengan skor 18-21, 21-14, 21-16.*/ANTARA FOTO
GANDA putra Indonesia Fajar Alfian (kanan) dan Muhammad Rian Ardianto (kiri) meluapkan kegembiraan usai bertanding melawan ganda putra China Huang Kaixiang dan Liu Cheng pada babak pertama Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. Pasangan Fajar-Rian berhasil melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan pasangan Huang/Liu dengan skor 18-21, 21-14, 21-16.*/ANTARA FOTO

JAKARTA, (PR).- Unggulan ke enam Indonesia, Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto sukses mengikuti langkah Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon. Mereka menuju babak kedua Blibli Indonesia Open 2019, meski harus kerja keras selama satu jam lebih untuk bisa menumbangkan pasangan baru Tiongkok, Huang Kai Xiang-Liu Cheng. 

Mereka menjadi ganda ke empat yang melaju ke babak selanjutnya. Selain Kevin-Marcus dan Fajar-Rian, ada Ricky Karanda-Angga Pratama dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira-Ade Yusuf Santoso yang melaju. 

Dalam pertandingan di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019, Fajar-Rian menang dengan skor 18-21, 21-14, 21-16. Ini merupakan pertemuan pertama Fajar-Rian dengan Liu-Xiang.

Liu sebelumnya berpasangan dengan Zhang Nan, sementara Xiang di turnamen terakhirnya di Singapore Open 2019 masih turun dengan Wang Ze Kang. Hasilnya saat itu mengecewakan, karena tidak lolos ke putaran utama. 

Menurut pelatih ganda putra Indonesia, Herry Imam Pierngadi, pemisahakan pasangan Tiongkok tersebut untuk memecah kekuatan. Fajar-Rian pun sudah diwanti-wanti sejak awal supaya waspada. 

"Dari segi permainan, sebenarnya hampir sama. Tapi bedanya, Liu Cheng dengan pasangan baru ini lebih sering memberi saran ke partnernya ke permainan. Sementara Zhang Nan lebih kontrol permainan," tukas Fajar usai pertandingan. 

GANDA putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan ganda putra China Huang Kaixiang dan Liu Cheng pada babak pertama Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. Pasangan Fajar-Rian mengalahkan pasangan Huang/Liu dengan skor 18-21, 21-14, 21-16.*/ANTARA FOTO

Mereka pun sempat terbawa permainan lawan di gim pertama. Mereka tidak mampu menguasai permainan cepat dan adu drive dari lawan. "Lawan kurang lebih banyak main bola panjang dan kami kurang sabar, hingga terbawa pola permainan mereka," kata Rian. 

Perubahan permainan pun dilakukan Fajar-Rian di babak kedua. Hasilnya memuaskan, mereka bisa lebih mengontrol permainan. Hal itu kembali diulangi mereka di gim ketiga sehingga bisa lolos babak berikutnya.

Indonesia Open ini menjadi turnamen ketiga mereka untuk pengumpulan poin Olimpiade. Perolehan poin mereka saat ini tertinggal jauh dari seniornya Hendra Setiawan-Mohamad Ahsan yang kini menempati top 4 Road to Olympic Tokyo 2020.

Mereka mengaku sangat sadar akan kondisi yang dialaminya tersebut. Keduanya mengatakan telah berbicara dari hati ke hati untuk mencari jalan keluar agar performa mereka bisa kembali naik. 

"Di beberapa turnamen terakhir kami memang kalah di babak pertama dan kedua. Kami sudah ngobrol, inginnya bisa come back, apalagi ini di Indonesia Open jadi tidak boleh lengah. Jika di kejuaraan sebelumnya kami belum maksimal, maka kali ini kami usahakan benar-benar fokus dan ingin perbaiki kegagalan sebelumnya. Karena ini sudah masuk dalam pengumpulan poin (Olimpik)," ujar Fajar.

Tontowi-Winny makin klop

PASANGAN ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad (kanan) dan Winny Oktavina Kandow (kiri) meluapkan kegembiraan seusai bertanding melawan ganda campuran India Satwiksairaj Rankireddy dan Ashwini Ponnappa pada babak pertama turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. Pasangan Owi/Winny berhasil melaju ke babak 16 besar usai mengalahkan dengan mudah pasangan Rankireddy/Ponnappa dengan skor 21-13 dan 21-11.*/ANTARA FOTO

Tontowi Ahmad-Winny Oktavina Kandow juga melewati hadangan pertama di Indonesia Open ini. Tampil pertama kali sebagai pasangan di turnamen BWF Super 1000, mereka sukses menundukkan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy-Ashwini Ponnappa dengan skor meyakinkan 21-13, 21-11.

Dari segi kekompakan permainan maupun komunikasi di lapangan, keduanya mengaku kini semakin klop. Winny pun kini mengaku mulai bisa beradaptasi dengan seniornya, Tontowi. 

Mengomentari permainan ini, menurut Tontowi, sejak awal mereka memang menjaga betul agar tidak terbawa permainan lawan. Dia mengaku berusaha terus membuat lawan di bawah kendali mereka. 

"Dari awal kami yakin bermain dengan pola kami, dan permainan lawan pun tidak berkembang. Di gim kedua, kami coba terapkan lagi. Coba terus menekan dari awal agar strategi kami bisa berjalan," pukasnya. 

Mantan partner Tontowi, Liliyana Natsir, pun memberikan saran kepada Tontowi agar dia bisa dengan sabar membimbing Winny. Tontowi pun sadar akan hal tersebut, bahwa kini dia adalah senior.

"Kalau kangen main dengan Cik Butet (Liliyana) bagaimana mau berkembang? Pesannya dia, hanya saja jangan galak-galak dengan Winny. Pelan-pelan bimbing Winny agar bisa bermain lebih tenang. Mau tidak mau, karena sekarang Winny adalah partner saya," ucap Tontowi.

Bagikan: