Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Sebagian cerah, 15.5 ° C

29 Klub Bersaing dalam Tunas Basketball Invitation 2 

Arif Budi Kristanto
TIM Tunas Bandung menjuarai Tunas Basketball Invitation 2 kelompok umur 12 tahun putri. Sebanyak 29 klub asal sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia bersaing dalam Tunas Basketball Invitation 2 yang digelar di GOR Tunas Arena, Gang Nyi Empok, Jalan Cibadak, Kota Bandung, sejak Jumat, 5 Juli 2019 sampai Minggu, 14 Juli 2019.*/ARIF BUDI KRISTANTO/PR
TIM Tunas Bandung menjuarai Tunas Basketball Invitation 2 kelompok umur 12 tahun putri. Sebanyak 29 klub asal sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia bersaing dalam Tunas Basketball Invitation 2 yang digelar di GOR Tunas Arena, Gang Nyi Empok, Jalan Cibadak, Kota Bandung, sejak Jumat, 5 Juli 2019 sampai Minggu, 14 Juli 2019.*/ARIF BUDI KRISTANTO/PR

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 29 klub asal sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia bersaing dalam Tunas Basketball Invitation 2 yang digelar di GOR Tunas Arena, Gang Nyi Empok, Jalan Cibadak, Kota Bandung, sejak Jumat, 5 Juli 2019 sampai Minggu, 14 Juli 2019. Kejuaraan edisi kali ini digelar untuk kelompok usia 12 tahun, 14 tahun, 16 tahun, dan 18 tahun putra maupun putri.

Ketua Klub Tunas Bandung Irwan Setiawan mengatakan, invitasi klub berskala nasional ini digelar sebagai ajang pembinaan atlet usia muda sekaligus mengisi aktivitas liburan anak-anak sekolah. "Pada tahun lalu hanya digelar untuk KU 14 dan 16 tahun putra dan putri. Untuk yang kedua ini, kita tambah KU-12 dan 18 karena kita punya tambahan lapang. Antusiasmenya besar, jumlah peserta lebih banyak dan melibatkan klub-klub dari banyak kota-kota di Indonesia," ujar Irwan saat ditemui di sela-sela kejuaraan, Sabtu, 13 Juli 2019.

Irwan mengatakan, selain dari Kota Bandung, klub peserta kejuaraan ini berasal dari sejumlah kota kabupaten di Indonesia seperti DKI Jakarta, Surabaya, Lampung, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Tangerang, Kabupaten Cianjur, hingga Pekanbaru. Dia mengatakan, selain mengisi waktu liburan, kejuaraan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengukur kekuatan para pemain dari daerah lain dalam rangka persiapan berbagai ajang bergengsi seperti kejuaraan daerah hingga kejuaraan nasional.

"Kompetisi di Bandung cukup minim, hanya setahun sekali. Jadi ajang semacam ini sangat bagus untuk pembinaan atlet. Ternyata para pemain dari daerah juga sudah sangat bagus dan potensial. Jadi akan sangat menarik melihat persaingan ke depan, terutama pada ajang kejurda, atau kejurnas," kata Irwan.

Pertandingan untuk KU-12 dan KU-16 putra putri sudah rampung digelar. Pada kategori KU-12 putri, tim tuan rumah Tunas Bandung tampil sebagai juara setelah unggul poin klasemen atas Warriors Jakarta dan CLS Surabaya. Sementara itu pada Ku-12 putra, gelar juara diraih Jetz Tangerang yang mengalahkan Victoria Jakarta 55-47 pada pertandingan final.

Pada kategori KU-16 putri, GMC Cirebon menjadi juara setelah mengalahkan Tunas Bandung 42-37. Sementara itu Cougar Jakarta menjadi juara KU-16 putra setelah menundukkan Buls Jakarta 44-25. Tunas Bandung kalah oleh CLS Surabaya 35-60 dalam perebutan ranking ketiga kategori ini.

Pada babak semifinal KU-14 putri, tim Tunas Bandung mampu menundukkan Buls Jakarta dengan skor tipis 34-33 dan memastikan langkah ke final. Di babak final, Tunas akan menantang Victoria yang menyingkirkan CLS Surabaya 45-32 di semifinal.

Tim Tunas Ku-18 putri juga lolos ke final setelah mengalahkan St Louis 44-40. Dalam laga perebutan juara, Tunas akan bertarung dengan GMC yang mengalahkan CAFS 52-17 di semifinal.

"Untuk kategori KU-14 dan KU-18 putra masih pada fase semifinal. Klub-klub DKI Jakarta memang masih dominan. Tapi, Tunas sebagai tuan rumah bisa bersaing dengan meloloskan tim ke semifinal putra maupun putri kategori tersebut, bahkan ke final KU 14 dan 18 putri, semoga ada yang juara," kata Irwan. 

Rangkaian babak final KU-14 dan 18 putra putri akan digelar Minggu, 14 Juli 2019 pagi sampai petang diikuti penyerahan piala dan medali. Sebagai ajang pembinaan, kejuaraan ini tidak memberikan hadiah uang tunai.***

Bagikan: