Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 20.9 ° C

Kontingen Catur Kota Bandung Sabet Juara Umum di Kejurda Catur Jabar 2019

Arif Budi Kristanto
KONTINGEN catur Kota Bandung menyabet gelar juara umum pada Kejuaraan Daerah Catur Jawa Barat 2019 di Kabupaten Indramayu, yang rampung pada Minggu, 7 Juli 2019. Pencapaian tersebut melampaui target Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bandung.*/DOK PERCASI KOTA BANDUNG
KONTINGEN catur Kota Bandung menyabet gelar juara umum pada Kejuaraan Daerah Catur Jawa Barat 2019 di Kabupaten Indramayu, yang rampung pada Minggu, 7 Juli 2019. Pencapaian tersebut melampaui target Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bandung.*/DOK PERCASI KOTA BANDUNG

BANDUNG, (PR).- Tim catur Kota Bandung merajai Kejuaraan Daerah Catur Jawa Barat yang rampung digelar di Gedung PGRI Kabupaten Indramayu, Minggu, 7 Juli 2019. Kota Bandung menyabet gelar juara umum setelah mengoleksi lima medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Pencapaian tersebut melampaui target empat medali emas yang sebelumnya ditetapkan Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Bandung. Target dipatok berdasarkan kejurda sebelumnya di mana mereka meraih tiga medali emas.

"Kami tentu sangat bersyukur atas keberhasilan yang telah dicapai oleh para atlet catur Kota Bandung atas segala perjuangannya, sehingga bisa melampaui target dan mencapai prestasi yang membanggakan ini," kata Ketua Harian Percasi Kota Bandung, Salahudin Al Ayubi, melalui telefon, Minggu, 7 Juli 2019.

Lima medali emas Kota Bandung diraih oleh Syarif Hidayat MN pada kelas veteran, V. Galih Pradnya (kelompok umur 19 tahun putra), Andri Jayasadipa (KU 17 putra), M. Ariel Davinsyah (KU 15 putra), dan Catherine Almira (senior putri).

Sementara, medali perak untuk Kota Bandung diraih oleh Dewi Fortuna (senior putri), Ray Mc Lung (KU 13 putra), dan Aura Cahyati  (KU 15 putri).  Tambahan medali berupa perunggu untuk Kota Bandung diraih Deni Sonjaya MF (senior putra), David Christian (KU 15 putra), dan Nafisa Irhami J (KU 9 putri).

ILUSTRASI olah raga catur.*/DOK. KABAR BANTEN

Prestasi tim dinyatakan sebagai keberhasilan pembinaan

Ayubi mengatakan, Kota Bandung mengirim tim dengan kekuatan 27 atlet putra dan 11 atlet putri yang berada di bawah naungan Percasi Kota Bandung. Selain ke-38 atlet itu, ada pula sejumlah atlet yang berangkat secara mandiri namun tetap membela panji Kota Bandung.

Menurut dia, keberhasilan Kota Bandung merebut juara umum Kejurda 2019 merupakan suatu bukti keberhasilan proses pembinaan yang dilakukan Percasi Kota Bandung. "Pembinaan yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik, sehingga kita punya atlet lapis kedua yang sudah berprestasi. Buktinya KU 19, 17, 15 (putra) menjadi milik Kota Bandung," ujar Ayubi. 

Dia pun mengatakan, persaingan pada kejurda yang digelar sejak 3 Juli 2019 di Indramayu itu berlangsung kompetitif. Perolehan medali emas di antara lima penghuni teratas berselisih tipis.

Di bawah Kota Bandung, ada Kota Bogor yang meraih posisi kedua dengan empat emas, dua perak, dan dua perunggu. Posisi ketiga ditempati Kabupaten Bekasi yang mengumpulkan tiga emas, satu perak, dan satu perunggu. Sementara itu, juara Porda 2018 yaitu Kabupaten Bogor berakhir pada peringkat empat dengan perolehan dua emas, dua perak, dan satu perunggu.***

Bagikan: