Pikiran Rakyat
USD Jual 13.961,00 Beli 14.059,00 | Umumnya berawan, 17.5 ° C

Petrucci Menang Dramatis Atas Marquez, Rossi Gagal Finis

Tim Pikiran Rakyat
MARC Marquez (Repsol Honda/Spanyol) walau finis kedua, namun masih memimpin di klasmen umum motogp.*/REUTERS
MARC Marquez (Repsol Honda/Spanyol) walau finis kedua, namun masih memimpin di klasmen umum motogp.*/REUTERS

MUGELLO,(PR).- Pembalap tuan rumah Danilo Petrucci  (Mission winnow Ducati/Italia) menang dramatis  petama kali di kelas MotoGP  melalui persaingan amat mendebarkan melawan juara dunia 5 kali MotoGP Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) pada seri VI MotoGP Italia di sirkuit Mugello Minggu 2 Juni 2019 malam. Sementara posisi ketiga ditempati Andrea Dovizioso (Mission WinnowDucati /Italia) dan keempat Alex Rins (Suzuki Ecstar/Spanyol).

Dua pembalap tuan rumah yaitu Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci keduanya dari tim Mission Winnow Ducati dan Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) terlibat persaingan ketat pada 10 lap terakhir dari lomba sepanjang 23 lap lomba. Petrucci dan Dovizioso bergantian memimpin terdepan mengandalkan kecepatan top speed Ducati yang sedikit lebih unggul dari Honda tunggangan Maquez yang  yang terus membayangi. Beberapa kali Marquez  mampu menyalip Petrucci dan Dovizioso, meski tidak lama.

Kontributor PR Online, Bambang Kuntady melaporkan, memasuki lap terakhir Marquez tampil all out melewati Dovi dan Petrucci  dan tampaknya akan membuat kejutan menjadi pemenang, Tapi karena sedikit melebar di tiga tikungan terakhir, Marquez akhirnya dilewati Petrucci. Keduanya terlibat duel amat seru menuju finis yang dimenangi amat tipis oleh Petrucci yang hampir tesusul Maquez dengan selisih hanya 0,043 detik di garis finis. Bagi Petrucci ini adalaah sukses meraih kemenangan petama kali sepanjang karirnya di kelas motoGP.

Tiga kemenangan

Namun meski Marques finis kedua di GP Italia, raihan poinya di klasemen umum semakin menjauh dari pesaing utamanya Dovizioso,  Rins dan Vinales  yang finis di belakang Maquez. Sedangkan saingan utama lainnya Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) gagal finis.

Hingga seri VI GP Italia, Marquez telah membukukan tiga kemenangan yaitu di GP Argentina, Spanyol dan Prancis. Maquez  kini memimpin klasemen dengan raihan 115 poin, kedua  Dovizioso (103), ketiga alex Rins (88), keempat Petrucci (82) sedangkan Rossi  yang tak finis di GP Italia terpaku di urutan kelima dengan 72 poin.

Menanggapi suksesnya memenangi MotoGP Italia, Petrucci yang baru pewrtama kali berjaya di  kelas MotoGP mengatakan sangat bahagia bisa menang karena Marquez tampil  sangat cepat  pada dua lap terakhir. “ Beruntung saya pantang menyerah dan askelerasi Ducati masih  sedikit lebih unggul dari Honda sehingga saya bisa merebut kemenangan pertama di aena MotoGP. Ini sangat berarti,” unglap Petrucci.

Sedangkan Marquez mengatakan ia tampil habis habisan dan mengambil risiko dalam upayanya melewati Dovizioso dan Petrucci. “ Ini penampilan gaya “old” Marquez. Saya sekejap melupakan mengejar gelar juara dunia, saya tampil habis habisan berupaya  menyusul Petrucci dengan segala risiko, saya bisa menyalipnya tapi melebar sehingga posisi tedepan diambil alih lagi oleh Petrucci, hanya Dovi yang tetap di belakang saya hingga finis,” ujar Maquez.

“Tekad saya dan tim Repsol Honda di GP Italia berupaya finis lebih depan dari pesaing  b erat di klasemen umumj yaitu Dovizioso, Rins, Rossi dan Vinales. Tugas itu berhasil  dicapai sehingga di klasemen saya semakin meningkat keunggulan poinya,” tambah Maequez.***

Bagikan: