Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 24.4 ° C

Piala Sudirman 2019, Indonesia Jumpa Jepang di Semifinal

Wina Setyawatie
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

JAKARTA, (PR).- Lewat perjuangan sengit, Indonesia akhirnya melangkah ke babak semi final Piala Sudirman 2019. Menghadapi Taiwan di babak perempat final yang berlangsung di Guangxi Sports Center, Nanning, Tiongkok, Jumat, 24 Mei 2019, Indonesia menang tipis 3-2. 

Kemenangan Indonesia tersebut dipastikan oleh pasangan ganda campuran Praveen Jordan-Melati Daeva Oktavianti yang turun di partai kelima. Kemenangan mereka 21-17, 21-15 atas Wang Chi-Lin-Hseih Pei Shan membuat Indonesia unggul 3-2.

Selain ganda campuran, dua poin kemenangan Indonesia lainnya disumbangkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon yang menyudahi permainan Lee-Wang dengan skor 21-17, 21-17 dan Greysia Polii-Apriyani Rahayu yang kembali sukses menuntaskan tugasnya. Mereka menyudahi permainan Pai Yu Po-Wu Ti Jung dengan cukup singkat dan poin meyakinkan 21-13, 21-7.

Sementara dua poin yang hilang ada di sektor tunggal. Kekalahan Gregoria Mariska 16-21, 14-21 atas Tai Tzu Ying dan Jonatan Christie yang kali ini harus mengakui keunggulan Chou Tien Chen 11-21, 13-21 di partai kedua dan ketiga membuat Indonesia sempat tertinggal 1-2 atas Taiwan.

Di babak semi final yang akan berlangsung Sabtu, 25 Mei 2019, pukul 17.00 waktu setempat, Indonesia akan bertemu dengan Jepang. Jepang melangkah ke babak selanjutnya setelah melibas Malaysia dengan kemenangan telak 3-0. 

Menghadapi Jepang, Manajer Tim Indonesia Susy Susanti mengatakan sektor ganda kembali jadi pagar untuk Indonesia. Diakuinya, Jepang secara keseluruhan memiliki kekuatan yang hampir merata di semua lini.

Namun, menurut dia ada kesempatan setelah melihat pertandingan penyisihan Jepang yang sempat tertinggal 0-2 atas Rusia.

"Ya kita coba saja ya. Di ganda putra mungkin akan ramai lagi. Kita akan lihat dari rekor pertemuan siapa yang nanti akan diturunkan. Di ganda putri, dari pertemuan memang lebih banyak kalah pasangan kita. Namun, di pertandingan kali ini, kita belum tahu performa ganda Jepang akan seperti apa. Apalagi penampilan Greysia-Apriyani lagi naik grafiknya, mereka belum pernah terkalahkan sejak awal. Mudah-mudahan itu jadi modal dan menambah kepercayaan diri mereka," tuturnya.

Di ganda campuran, performa Praveen-Melati dinilai Susy mulai naik lagi. Kemenangan mereka di babak perempat final ini, dilihatnya paling tidak menambah kepercayaan diri pasangan tersebut. 

"Mudah-mudahan bisa tampil buka cuma baik saja, tapi lebih baik lagi," ujarnya.***

Bagikan: