Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 19.1 ° C

Jabar Siap Gelar Sirkuit Nasional Bulu Tangkis Kelas Premier

Arif Budi Kristanto
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Jawa Barat bersiap menjadi tuan rumah penyelenggaraan sirkuit nasional (Sirnas) bulu tangkis kelas premier. Kejuaraan ini akan digelar di sejumlah GOR di Kota Bandung 24-29 Juni 2019. 

Wakil Ketua III Bidang Turnamen dan Perwasitan Pengprov PBSI Jabar, Gianto Hartono mengatakan, sirnas kelas premier ini berbeda dengan non-premier baik dari segi total hadiah maupun raihan poin yang lebih besar.

"Kami bersyukur mendapat kehormatan menggelar satu seri sirnas, bahkan ini kelas premier yang memiliki poin dan jumlah hadiah yang berbeda. Dari sisi ketentuan dan kualitas lapangan pun jelas berbeda," ujar  saat ditemui di sekretariat Pengprov PBSI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa 14 Mei 2019.

Sirnas tahun 2019 akan digelar delapan seri dan empat di antaranya merupakan seri premier. Sirnas premier pertama digelar dari seri pembuka di Purwokerto, Jateng, pada 1-6 April 2019. 

Untuk sirnas premier kedua yang akan digelar di Bandung, Jabar, pada 24-29 Juni 2019 sekaligus menjadi seri ketiga sirnas tahun 2019. Sebelumnya, seri kedua sirnas tahun 2019 digelar di Palembang pada 22-27 April 2019.

Poin tertinggi

Gianto sebagai Ketua Panitia Djarum Sirnas Premier Li Ning Jawa Barat Open 2019 menambahkan, sirnas premier memiliki poin tertinggi dari semua seri dalam sirnas. Dari delapan kota yang menjadi tuan rumah sirnas tahun 2019, hanya empat provinsi saja yang berhak menggelar seri sirnas premier, yakni Purwokerto (Jateng), Bandung (Jabar), Jakarta (DKI Jakarta), dan Madiun (Jatim).

"Surat penunjukan dari PB PBSI berdasarkan surat pengajuan Jabar sebagai tuan rumah sirnas premier ini. Surat penunjukan ini dituangkan dalam bentuk MoU antara PB PBSI dengan Pengprov PBSI Jabar," ujar Gianto.

Panitia penyelenggara, kata Gianto, menargetkan agar Djarum Sirnas Premier Li Ning Jawa Barat Open 2019 dapat diikuti oleh sedikitnya 1000 atlet, termasuk atlet dari luar negeri. Kejuaraan ini akan digelar di tiga GOR berbeda di Kota Bandung dengan tempat pertandingan utama di GOR Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung.

"Untuk arena,  kami menyiapkan empat GOR. Tapi kemungkinan akan gelar di tiga GOR saja. Kecuali kalau tidak mencukupi, digelar di empat GOR," kata Gianto.
Pendaftaran Djarum Sirnas Premier Li Ning Jawa Barat Open 2019 dilakukan perkumpulan/klub secaradaring melalui website si.pbsi.or.id. Pendaftaran akan ditutup Senin (10/6/2029) pukul 23.59 WIB.

Peserta kejuaraan merupakan perkumpulan/klub sah PBSI atau sudah terdaftar dalam SI (sistem informasi) PBSI. Selain itu, kejuaraan ini diikuti juga oleh para atlet dari pelatnas, pelatprov, pelatkab, pelatkot, pusdiklat, sekolah olah raga, PPLP dan peserta luar negeri. 

Nomor yang dipertandingkan meliputi nomor tunggal dan ganda baik putra putri dan nomor ganda campuran. Nomor tersebut dipertandingkan pada tiga kelompok umur yakni remaja (di bawah 17 tahun), taruna (di bawah 19 tahun), dan dewasa (open). Selain itu dipertandingkan juga nomor opsional, yakni untuk kelompok usia pilihan atau kelompok usia pemula (di bawah 15 tahun) yang mempertandingkan nomor tunggal dan ganda. Para peserta Djarum Sirnas Premier Li Ning Jawa Barat Open 2019 akan berkompetisi untuk memperebutkan total hadiah mencapai Rp3 70 juta.***

Bagikan: