Pikiran Rakyat
USD Jual 14.273,00 Beli 13.973,00 | Umumnya cerah, 19.1 ° C

40 Tim Siap Ramaikan YSG Cup II 2019

Miradin Syahbana Rizky
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 40 tim siap mengikuti Kejuaraan Bola Basket YSG Cup II 2019 antar SD se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. Ketua panpel Sipat Rawang mengatakan kejuaraan yang bekerjasama dengan Harian Umum Pikiran Rakyat ini akan menampilkan kompetisi yang menarik bagi para peserta.

Menurut dia, peserta itu terdiri dari 20 tim putra dan 20 tim putri yang akan bertanding dengan menggunakan dua GOR sekaligus yakni GOR Tri Lomba Juang (21-23 Juni) dan GOR Pajajaran Bandung (21 Juni hingga 27 Juni). Sipat mengatakan, pihaknya masih membuka pendaftaran bagi SD luar kota maupun wilayah Bandung Raya untuk menjadi bagian dari kejuaraan.

"Dengan menggunakan dua GOR kami memang menyusun jadwal pertandingan agar para peserta bisa maksimal untuk istirahat. Pembukaan dan penutupan dilakukan di GOR Pajajaran. Kami masih membuka pendaftaran bagi tim yang ingin ikut serta," ucap Sipat yang ditemui di Jalan Pahlawan, Kota Bandung, Selasa, 7 Mei 2019.

Dia menuturkan, di kejuaraan basket ini peserta tak hanya berbicara soal menang dan kalah. Pasalnya, panpel akan memberikan penghargaan khusus bagi tim putra dan putri yang menjunjung tinggi fairplay selama bertanding.

"Menang dan kalah itu nomer sekian yang penting itu adalah bagaimana pemain usia muda ini menjunjung tinggi sportivitas dan fair play. Mereka harus terbiasa dari usia seperti ini," ujarnya.

Sipat menambahkan, untuk menambah kemeriahaan kejuaraan YSG Cup II 2019 pihaknya juga akan memberikan suvenir berupa kaos kepada peserta. Dengan begitu, kata dia, akan menumbuhkan kebanggaan diri setelah bertanding di YSG Cup II.

"Nanti pelatih, pemain dan oficial akan mendapatkan suvenir kaos itu untuk dibawa pulang. Pada pembinaan pemain usia 10 sampai 12 tahun ini kita harus menimbulkan rasa kebangaan kepada mereka," tuturnya.

Menurut dia, YSG Cup I di tahun 2018 berjalan sukses dan meriah. Untuk itu, dia berharap kegiatan kedua ini bisa lebih berhasil karena waktu pendaftaran di bukan lebih lama. Selain itu, panpel telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

"Kami ingin membuat kejuaraan basket dengan ciri khas tersendiri. Saat ini peserta yang sudah daftar berasal dari daerah swkitar Jakarta, Bogor dan Bandung. Jadi kami sekarang membuka kesempatan dari luar Bandung Raya," ujarnya.

Sipat mengatakan, selain tim fair play berbagai penghargaan akan diberikan kepada pemain terbaik hingga top skor. Hal ini dilakukan guna menumbuhkan semangat pebasket agar giat berlatih.

"Tahun lalu banyak pemain jebolan kompetisi YSG Cup I bisa eksis di dunia baske. Artinya keberadaan kejuaraan kami bisa menjadi batu loncat pemain untuk meningkatkan jam terbang," tuturnya.***

Bagikan: