Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Umumnya berawan, 15.9 ° C

Indonesia Bawa Pulang Dua Gelar New Zealand Open 2019

Wina Setyawatie
JONATAN Christie.*/DOK. PR
JONATAN Christie.*/DOK. PR

AUCKLAND, (PR).- Indonesia akhirnya membawa pulang dua gelar juara dari ajang New Zealand Open 2019. Dua gelar tersebut dipersembahkan oleh tunggal dan ganda putra.

Di tunggal putra, Jonatan Christie akhirnya mewujudkan ambisinya untuk meraih juara di turnamen ini setelah tahun lalu finis sebagai runner-up. Dia merebut gelar pertamanya di tahun ini setelah menumbangkan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus pada pertandingan yang berlangsung di Eventfinda Stadium, Selandia Baru, Minggu, 5 Mei 2019.

Berbeda dengan empat pertemuan sebelumnya, dimana Jonatan selalu kalah, kali ini dia mendominasi untuk merebut kemenangan 21-12, 21-13. Kemenangan tersebut semakin memperkecil selisih keunggulan lawan menjadi 3-4.

Jonatan tampil baik di laga final ini. Permainannya pun lebih rapi. Dia pun mengaku berusaha untuk meminimalisir kesalahan sendiri. Apalagi setelah melihat kondisi kaki lawan yang dinilainya tidak nyaman saat mengambil bola-bola belakang.

"Saya lihat kondisi kaki lawan. Dia (Ng Long -Red.) keliatan tidak nyaman saat mendapatkan bola-bola belakang. Jadi saya sengaja membuat dia tambah lari ke sudut lapangan. Saya sendiri berusaha tidak terburu-buru menyerang. Karena kalau di smes terus, pertahanannya bagus, jadi saya berusaha untuk kasil variasi serangan. Chop silang kanan-kiri, depan-belakang," tuturnya.

Jonatan mengaku di final kali ini dirinya berusaha untuk kembali ke performanya saat di Malaysia dan Singapore Open kemarin. Apalagi turnamen ini merupakan kejuaraan pertama untuk pengumpulan poin Olimpiade Tokyo 2020. 

"Ini sudah mulai pengumpulan poin olimpik. Jadi saya berusaha untuk tampil enjoy saja, tidak memikirkan menang dan harus dapat poin sekian. Saya berusaha fokus dan jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan," tuturnya.

Di ganda putra, Hendra Setiawan-Mohamad Ahsan mempersembahkan gelar kedua bagi Merah Putih. Ini merupakan gelar juara kedua mereka di tahun ini, setelah All England 2019 lalu. 

Kali ini, mereka sukses revans atas pasangan Jepang, Hiroyuki Endo-Yuta Watanabe meski harus bekerja extra keras dalam tiga gim. Bermain selama lebih dari satu jam, The Daddies akhirnya menang 20-22, 21-15, 21-17. Di pertemuan sebelumnya di BWF World Tour Finals, Hendra-Ahsan kalah.

Gelar dari Hendra-Ahsan pun menjadi pelepas dahaga bagi sektor ini setelah empat tahun paceklik gelar di turnamen ini. Terakhir, gelar New Zealand Open dari sektor ini datang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon pada 2014 lalu.***

Bagikan: