Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.7 ° C

Kejurda renang meriahkan HUT Batununggal Indah Club

Arif Budi Kristanto
*/DOK. PR
*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 1.010 atlet berkompetisi  untuk menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Renang Antarpelajar Sejawa Barat Batununggal Indah Club. Dimulai Sabtu, 27 April 2019, kejuaraan yang digelar di kolam renang Batununggal Indah Club ini merupakan bagian dari peringatan hari jadi ke-18 klub renang tersebut.

"Kejuaraan ini rutin digelar setiap tahun sejak BIC berdiri. Ini adalah edisi ke-18 dan setiap tahun animo peserta semakin besar," kata Ketua Panitia Kejuaraan Renang Batununggal Indah Club Pipin Ibrahim saat ditemui di sela-sela perlombaan.

Pipin mengatakan, kejuaraan kali menggelar empat kategori. Pertama adalah lomba renang kelompok internal (member) yang diikuti 72 atlet dengan jumlah 114 nomor pertandingan. Kedua, lomba renang kelompok disabilitas SD-SMA yang terdiri dari 124 nomor dan melibatkan 76 atlet. Kemudian lomba renang kelompok SD ekstrakurikuler sebandung raya yang diikuti 211 atlet dengan 285 nomor pertandingan. Sementara itu pada hari terakhir kejuaraan, Minggu, 28 April 2019 digelar 1.436 nomor pertandingan untuk 651 peserta kategori umum.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, yang digelar hanya tiga kategori. Tahun ini ada yang berbeda, yakni kami gelar kategori ekstrakurikuler sebagai sarana untuk menguji hasil latihan anak-anak sekolah, juga untuk bahan evaluasi para guru olah raga," kata Pipin. 

Dia mengatakan, selain ajang kompetitif, kejuaraan ini juga bisa meningkatkan prestise para atlet peraih prestasi. Setiap pemecahan rekor kejuaraan akan dicatat dan diumumkan.

"Selain pemecahan rekor yang rutin dicatat dan diumumkan, pada kejuaraan ini juga akan diberikan penghargaan untuk juara umum kategori ekstrakurikuler dan perenang terbaik kategori umum atau perenang yang mampu meraih medali emas terbanyak sepanjang kejuaraan," kata Pipin.

Pada kejuaraan hari pertama, kategori renang kelompok disabilitas, kategori internal, dan ekstrakurikuler rampung digelar. Pada kategori lomba renang ekstrakurikuler antarpelajar sebandung raya, SD Bintang Mulia berhasil menyabet gelar juara umum dengan raihan 4 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu.

Kejuaraan renang Batununggal Indah Club 2019 digelar untuk skala Jawa Barat. Menurut Pipin, dari kejuaraan ini diharapkan dapat muncul atlet-atlet potensial yang kelak menjadi tulang punggung daerah, Jawa Barat, maupun Indonesia pada berbagai kejuaraan bergengsi. 

"Target kejuaraan ini adalah mencari bibit unggul atlet Jabar. Dari kejuaraan ini, sudah muncul atlet-atlet nasional, salah satunta adalah perenang nasional Ricky Anggawijaya. Semoga dari kejuaraan antarpelajar yang digelar berkesinambungan ini juga akan muncul atlet-atlet berbakat lainnya," kata Pipin.***

Bagikan: