Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 17.7 ° C

Balas Tottenham Hotspur, Manchester City Kembali ke Puncak Klasemen Liga Inggris

Arif Budi Kristanto
LIGA Inggris/DOK. PR
LIGA Inggris/DOK. PR

MANCHESTER, (PR).- Manchester City membalas hasil pedih tersingkir dari Liga Champions Eropa akibat disingkirkan Tottenham Hotspur. Menghadapi lawan yang sama, City meraih kemenangan tipis 1-0 berkat gol tunggal Phil Foden di Stadion Etihad, Sabtu malam 20 April 2019 malam.

Kemenangan penting ini membawa City kembali menguasai puncak klasemen Liga Premier Inggris dengan koleksi 86 poin. The Citizen unggul satu angka atas Liverpool yang tergeser ke posisi kedua.

Sementara itu, kekalahan membuat Tottenham terancam merosot ke peringkat lima. Spurs bisa saja disalip Arsenal dan Chelsea.

Duel City kontra Spurs semalam merupakan pertemuan ketiga mereka hanya dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Dua bentrokan sebelumnya terjadi pada perempat final Liga Champions dengan hasil pahit bagi City. Setelah kalah di kandang Spurs 0-1 pada laga pertama, City tetap tersingkir lantaran meski menang 4-3 di laga kedua.

Kegagalan itu pula yang tampak bikin para pemain City sangat termotivasi untuk membalas. Reheem Sterling dan kawan-kawan langsung menekan Spurs sejak awal pertandingan. Laga baru berusia lima menit, suporter City sudah bersorak sorai akibat jebolnya gawang Spurs yang dikawal Paulo Gazzaniga.

Serangan City yang dimotori Bernardo Silva di sisi kanan berlanjut dengan umpan pada Sergio Aguero. Penyerang asal Argentina itu kemudina memberi operan kepada Foden yang berdiri tanpa kawalan di depan gawang. Dengan mudah, Foden melepas tembakan jarak dekat untuk membawa City unggul. Gol tersebut menjadi gol perdana gelandang berusia 18 tahun itu di ajang Liga Premier Inggris.

Namun, gol itu menjadi satu-satunya akhir sukses serangan City. Sepanjang laga, tuan rumah memang tampil dominan dengan 61 persen penguasaan bola, 15 ancaman yang 4 di antaranya tepat sasaran. Mereka cukup kesulitan mengendalikan Spurs yang melepas 10 percobaan dengan 4 di antaranya mengarah ke gawang.

Meski diwarnai aksi saling serang, hingga laga usai, skor 1-0 untuk kemenangan City tetap bertahan.

"(Kemenangan atas Spurs) sangat penting. Kami tidak bisa kehilangan poin dan kami harus terus berjuang sampai akhir. Setelah kalah pada hari Rabu (Kamis), dua hari terakhir sangat sulit bagi kami. Upaya para pemain sangat luar biasa,” kata Pep dikutip dari The Guardian.

"Tim ini luar biasa sehingga mereka tidak perlu menunjukkan karakter mereka kepada saya. Saya tahu karakter mereka,” kata juru taktik asal Spanyol itu.

Kemenangan ini menjadi krusial bagi City di tengah ketatnya persaingan dengan Liverpool. Manajer City Josep Guardiola menegaskan, untuk mempertahankan gelar juara, Kevin De Bruyne dan kawan-kawan harus mampu tampil penuh konsentrasi tanpa membuat banyak kesalahan elementer. Pasalnya, Liverpool yang menguntit dengan perbedaan cuma satu poin sangat kuat dan stabil sehingga menjadi penantang serius. Apalagi, The Reds sangat berhasrat meraih piala setelah puasa gelar Liga Inggris sejak 1990.***

Bagikan: