Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Umumnya cerah, 30.3 ° C

Mantan Kiper Persib Bandung Dirikan Akademi Kiper

Miradin Syahbana Rizky
PARA peserta dan pelatih RBP Goalkepeer Academy berfoto bersama di lapangan Mini Soccer Cidurian, Cijawura, Kota Bandung, Senin, 25 Maret 2019.*/MIRADIN SYAHBA RIZKY/PR
PARA peserta dan pelatih RBP Goalkepeer Academy berfoto bersama di lapangan Mini Soccer Cidurian, Cijawura, Kota Bandung, Senin, 25 Maret 2019.*/MIRADIN SYAHBA RIZKY/PR

BANDUNG, (PR).- Mantan kiper Persib Bandung musim 2011 Rizky Bagja Permana mendirikan akademi kiper bernama RBP Goalkeeper Academy di lapangan Mini Soccer Cidurian, Cijawura, Kota Bandung. Dengan adanya akademi kiper ini Rizky berharap ke depannya semakin banyak muncul kiper handal untuk sepak bola Indonesia.

"Tentunya RBP Goalkeeper Academy ini bisa menjadi pusat pembinaan usia muda kiper dengan kualifikasi dan kompetensi nasional. Sehingga mampu menciptakan bibit-bibit handal kiper untuk sepak bola Indonesia," ucap Rizky di Bandung ketika ditemui Senin, 25 Maret 2019.

Dia menambahkan, akademi kiper ini akan menjadi terdepan di Indonesia. Juga akan menjadi akademi yang paling produktif melahirkan pemain berkualitas yang dapat menjadi pemain di klub papan atas nasional. 

"Intinya adalah kami ingin menampung calon kiper handal dan harapannya bisa menjadi penyalur kiper hebat bagi tim-tim di Indonesia. Alhamdulilah mereka sangat antusias menyambut goalkeeper camp," ujarnya.

Dia menambahkan, peserta akademi saat ini telah mencapai 18 pemain, baik kelas prestasi maupun dasar. Untuk basic, kata Rizky, lebih ditekankan kepada anak anak pemula dengan metode latihan dasar. Sedangkan kelas prestasi difokuskan penggemblengan untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan yang dimiliki setiap individu.

"Latihan kiper memang tidak bisa disamakan dengan pemain lainya karena memiliki metode tersendiri, sehingga perlu waktu khusus untuk berlatih. Setelah itu, baru dikombinasikan dengan pemain lainnya," ujarnya.

Mengenai jumlah pelatih, menurut Rizky, RBP Goalkepeer Academy telah merekrut para pakar. Para pelatih itu berjumlah tiga orang. Menurut dia, mereka paham betul mengenai kiper serta bersertifikat.

"Karena memang mereka menyadari untuk goalkeeper camp di Bandung khususnya bahkan di Indonesia masih jarang, sehingga mereka mampu mengasah secara rinci tentang materi latihan. Pelatih itu yakni saya, Nivo febriantino (khusus fisik) dan Adi Perdana," katanya.

Rizky mengatakan, saat ini di Jawa Barat akademi khusus kiper baru dua tempat. Pertama Boyke Adam Goalkeeper dan kedua RBP Goalkepeer Academy. Sehingga ia pastikan bahwa kiper yang berlatih di tempatnya akan mendapatkan perhatian khusus.

"Kami latihan dua kali dalam seminggu. Dimana kami latihan Sabtu dan Minggu pukul 16.00 hingga18.00 WIB di lapangan Mini Soccer Cidurian, Cijawura," tuturnya.***
 

Bagikan: