Pikiran Rakyat
USD Jual 14.014,00 Beli 14.112,00 | Langit cerah, 18.3 ° C

Beri Penghargaan, KONI Kota Bandung Verifikasi Cabang Olah Raga

Arif Budi Kristanto
null
null

BANDUNG, (PR).- Prestasi para atlet Kota Bandung pada Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XIII/2018 dipastikan mendapatkan ganjaran. Dalam rangka persiapan pemberian penghargaan kepada para atlet dan ofisial tim Kota Bandung pada Porda XIII 2018 di Kabupaten Bogor, Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung melakukan verifikasi cabang olah raga.

"Verifikasi dilakukan kepada cabor-cabor selama tiga hari, sejak Senin sampai Rabu 25-27 Maret 2019. Verifikasi ini sekaligus untuk mencocokan hasill atau pencapaian Porda dengan cabor terkait penghargaan dari pemerintah," ujar Sekertaris Umum KONI Kota Bandung Erry Sudradjat di kantor KONI Kota Bandung, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Selasa 26 Maret 2019.

Porda merupakan pesta multicabang olah raga tertinggi di internal provinsi. Edisi ke-13 Porda Jabar menghadirkan persaingan di antara 9.849 atlet asal 27 kabupaten yang digelar di 41 venue di Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah penyelenggara plus 12 venue yang tersebar di Kota Bogor, Cimahi, Depok, Kabupaten Karawang dan Pangandaran. 

Erry mengatakan, verifikasi ini dilakukan langsung kepada cabor anggota KONI Kota Bandung yang berpartisipasi pada Porda XIII.  Pada Porda yang berlangsung di Kabupaten Bogor itu, kontingen Kota Bandung finis di peringkat kedua  dengan raihan 131 emas, 149 perak, dan 139 perunggu.

Kota Bandung berada di bawah tuan rumah Kabupaten Bogor yang menjadi juara umum. Dari 879 nomor pertandingan dalam 60 cabang olah raga, Kabupaten Bogor sangat dominan dengan meraih 256 medali emas, ditambah 147 perak dan 144 perunggu. 

"Total cabor peserta Porda yang kami verifikasi ada 58 cabor. Dalam verifikasi itu, kami mencocokkan jumlah medali yang diraih, berikut dengan nama-nama atlet dan para pelatihnya untuk pemberian penghargaan," kata Aan.

Dia mengatakan, pemberian penghargaan untuk tim Porda Kota Bandung rencananya akan dilakukan pada akhir April mendatang. Namun, besaran penghargaan yang diberikan masih dalam kajian tim ahli yang telah ditunjuk oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung.

"Pemberian penghargaan ini memang sudah dianggarkan oleh pemerintah Kota Bandung, namun memang  besaran penghargaan saat ini tengah di kaji oleh tim yang sudah dibentuk," kata Erry.

KONI Kota Bandung, kata Erry, sangat mengapresiasi perhatian pemerintah kepada para atlet dan pelatih yang telah membela Kota Bandung pada ajang Porda XIII 2018, di Kabupaten Bogor.
"Kami sangat berterima kasih sekali dengan adanya perhatian dari pemerintah kepada para atlet dan pelatih yang telah membela nama Kota Bandung," ujarnya.***

Bagikan: