Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Umumnya cerah, 30.3 ° C

Jabar Miliki Potensi Besar untuk Memoles Pemain Sepak Bola Andal

Eva Fahas
MUHAMMAD Farhan.*/DOK. PR
MUHAMMAD Farhan.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Jawa Barat adalah lumbung bagi pesepakbola nasional yang berkualitas. Karenanya, Sekolah Sepak Bola (SSB) harus mampu tampil sebagai jantung produsen pemain-pemain terbaik.

Di Indonesia, sepak bola menjadi olah raga sekaligus hiburan yang paling digemari masyarakat. Oleh karenanya, sudah saatnya semua pihak turut serta untuk menigkatkan kualitasnya, mulai dari pemain, klub, stadion, hingga event-event yang menarik.

Dukungan pemerintah juga dianggap memiliki andil besar dalam upaya ini. "Untuk itu alangkah lebih baik jika asprov Jabar bisa berperan lebih di PSSI. Bersamaan dengan fokus meningkatkan kualitas pesepakbola handal di Jabar," ujar Muhammad Farhan seperti dikutip dari laman Antara.

Farhan yang juga pernah menjabat sebagai Direktur pemasaran PT Persib Bandung Bermartabat menegaskan jika Persib harus menjadi motor upaya ini. Bahkan bisa mengembangkan sepak bola tanah air hingga melaju ke kancah internasional.

Menurut politisi Partai nasdem itu, masih ada sejumlah kendala dalam mewujudkan sepak bola berkualitas di Indonesia. Salah satunya adalah infrastruktur lapangan. "Tak hanya digunakan untuk berlatih, tapi juga memiliki nilai tambah untuk mengembangkan sepak bola, serta berdampak positif bagi masyarakat banyak," ujar Farhan yang saat ini maju sebagai caleg dari dapil Jabar I itu.

Tantangan lainnya adalah menjaga kualitas pelatih dan wasit. Dikatakan, untuk hal ini merupakan seratus persen tanggung jawab PSSI sampai ke asosiasi di kota dan kabupaten.***

Bagikan: