Pikiran Rakyat
USD Jual 14.080,00 Beli 13.780,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

Indonesia Hadapi Jepang di Semi Final Badminton Asia Mixed Team Championships 2019

Wina Setyawatie
PASANGAN ganda putra Fajar Alfina-Muhammad Rian Ardianto menjadi andalan tim Indonesia.*/HUMAS PBSI
PASANGAN ganda putra Fajar Alfina-Muhammad Rian Ardianto menjadi andalan tim Indonesia.*/HUMAS PBSI

HONG KONG, (PR).- Indonesia melaju ke babak semi final usai petik kemenangan 3-0 atas Singapura di perempat final  Badminton Asia Mixed Team Championships 2019 yang berlangsung di Queen Elizabeth Stadium, Hong Kong, Jumat 22 Maret 2019. Di semi final, Sabtu 23 Maret 2019, Tim Merah Putih akan menghadapi Jepang.
 
Kemenangan Indonesia di babak "8 Besar" dipersembahkan oleh ganda putra Fajar Alfina-Muhammad Rian Ardianto yang mengalahkan pasangan Loh Kean Hean-Toh Han Zhou dalam partai sengit tiga gim 21-16, 19-21, 21-19. Lalu, Ruselli Hartawan yang mengkandaskan Yeo Jia Min 21-14, 21-18, dan tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang menyelesaikan tugasnya dengan baik setelah menang 17-21, 21-14, 21-7 atas Loh Kean Yew.

Sama dengan Indonesia, calon lawan Indonesia di babak "4 Besar", Jepang pun melaju mulus setelah menyumbangkan Malaysia dengan skor telak 3-0. Melihat hal tersebut, Kabid Binpres Susy Susanti mengatakan bahwa pemainnya harus lebih fokus dan siap lagi. Pasalnya, kemungkinan permainan akan lebih ketat. 

"Peluang tetap ada. Karena sejauh ini performa anak-anak cukup bagus. Saya harap mereka bisa tampil lebih baik lagi, karena sepertinya permainan akan lebih ketat. Jepang punya kekuatan yang merata di semua lini. Tapi, saya optimis para pemain bisa tampil habis-habisan, sebab kami yakin peluang untuk menang itu ada," imbuhnya. 

Dua tahun lalu, Jepang lah yang mengganjal langkah Indonesia menuju babak semi final. Ketika itu tim negeri matahari terbit itu menundukkan Indonesia dengan skor ketat 3-2. 

Jepang saat itu menurunkan para pemain terbaiknya, seperti Takeshi Kamura-Keigo Sonoda, Kenta Nishimoto, Misaki Matsutomo-Ayaka Takahashi, dan Arisa Higashino-Yuta Watanabe, sebaliknya Indonesia menurunkan pemain pelapisnya, seperti Angga Pratama-Ricky Karanda Suwardi, Hanna Ramadini, Muhammad Bayu Pangisthu, dan Edi Subaktiar-Annisa Saufika.
 
Untuk kali ini, komposisi pemain Jepang didominasi pemain pelapisnya. Namun, masih ada beberapa nama pemain utama yang diturunkan, seperti Takuro Hoki-Takuto Inoue dan Arisa Higashino-Yuta Watanabe yang merupakan peringkat tiga dunia. 

Bila Tontowi Ahmad dkk. sukses melangkah ke final, besar kemungkinan Indonesia akan menghadapi Tiongkok. Tiongkok sendiri akan bertemu dengan Hong Kong di "4 besar" nanti. Tiongkok diyakini tidak akan terlalu kesulitan mengatasi calon lawannya tersebut, mengingat mereka pun maju ke semifinal dengan hasil sempurna 3-0 atas Thailand. Sebaliknya tuan rumah harus kerja keras untuk mengatasi Taiwan sebelum menatap semi final.***

Bagikan: