Pikiran Rakyat
USD Jual 14.288,00 Beli 13.988,00 | Cerah, 23.8 ° C

Timnas Pelajar U-15 Siap Harumkan Indonesia di Portugal

Miradin Syahbana Rizky
TIMNAS Pelajar U-15 Kemenpora RI tengah mengikuti pemusatan latihan pertama di  Pusdikjas TNI AD, Jalan Pasir Kumeli, Kota Cimahi, Rabu, 20 Maret 2019. Sebanyak 22 pemain telah ditetapkan untuk berkompetisi di turnamen Iber Cup Estoriil di Portugal Juli 2019.*/MIRADIN SYAHBANA RIZKY/PR
TIMNAS Pelajar U-15 Kemenpora RI tengah mengikuti pemusatan latihan pertama di Pusdikjas TNI AD, Jalan Pasir Kumeli, Kota Cimahi, Rabu, 20 Maret 2019. Sebanyak 22 pemain telah ditetapkan untuk berkompetisi di turnamen Iber Cup Estoriil di Portugal Juli 2019.*/MIRADIN SYAHBANA RIZKY/PR

CIMAHI, (PR).- Timnas Pelajar U-15 Kemenpora RI telah mengantongi 22 pemain yang akan dibawa ke turnamen internasional Iber Cup Estoriil di Portugal pada Juli 2019. Manager Timnas Pelajar U15 Kemenpora RI Ray Manurung mengatakan, 22 nama ini didapat usai tim pelatih menyeleksi 40 pemain pada pemusatan latihan pertama di  Pusdikjas TNI AD, Jalan Pasir Kumeli, Kota Cimahi, Rabu, 20 Maret 2019.

"Nama-nama yang lolos seleksi ini murni kebutuhan pelatih. Awalnya tim hanya akan membawa 18 pemain, tapi melihat potensi luar biasa dari para putra daerah ini kami terbuka untuk membawa 22 pemain," ucap Ray saat mendampingi tim menggelar latihan.

Dia memastikan, nama yang terpilih telah mewakili Nusantara dari Aceh sampai Papua. Mereka telah bekerja keras bersaing dengan 70 ribu anak se-Indonesia. Dengan begitu, ia mengucapkan selamat atas kerja keras mereka hingga akhirnya terpilih mewakili Indonesia.

"Kami telah melakukan proses panjang yang seleksinya dilakukan Badan Sepakbola Pelajar Indonesia (Blispi) hingga kemudian muncul 22 pemain. Kami pastikan tidak ada titip menitip pemain karena seleksi dilakukan terbuka dengan mengundang talent scout dan teman-teman media," ujarnya.

Ke-22 pemain itu yakni Raka, Firlan, Lalu, Adam, Rorisi, Sahrul, Kadek, Ardyansyah, Mikael, Mukmin, Desman, Emerson, Masya, Rayhan, Ricardo, Rohan, Adriano, Bahari, Marselo, Jembris, Donny dan Syafiudin. Dia menambahkan, para pemain itu akan dilatih langsung oleh legenda sepak bola Indonesia, Aples Gideon Tecauri. "Pemusatan latihan dilakukan selama lima hari, 20-25 Maret 2019. Selama pemusatan latihan kami akan menggelar dua kali uji coba," ujarnya.
 

Ray mengatakan, pemusatan latihan ini merupakan bagian dari persiapan untuk mengikuti turnamen internasional Iber Cup Estoriil di Portugal. Turnamen akan digelar 1-6 Juli 2019. "Kami akan berangkat pada 25 Juni, satu minggu sebelum turnamen untuk penyesuaian cuaca," katanya.

Dalam turnamen itu, Timnas Pelajar U-15 akan berhadapan dengan akademi sepak bola internasional. Seperti akademi sepak bola Juventus, Real Madrid, Mancheseter City, Manchester United, dan lainnya.

Menurut dia, meski menghadapi lawan tangguh pihaknya tetap menargetkan Timnas Pelajar U-15 bisa meraih juara. Namun, sesuai kesepakatan dengan Kemenpora RI, minimal para pemain masa depan sepak bola Indonesia ini bisa mendapat pembinaan dan wawasan seluas-luasnya.

"Target utama kami, secara teknis ada peningkatan dan mentalnya terasah. Untuk itu, kami naikan ke level pertandingan tertinggi di dunia," ujarnya.

Untuk menaikan mental itu, maka pihaknya memilih pemusatan latihan di lingkungan militer seperti Pusdiklat Kodiklat. Sebab, selain mental yang terasa, para pemain juga akan terbentuk dan terbangun kedisiplinannya. "Kami persiapkan semua bukan untuk main-main," tuturnya.

Hal senada dikatakan Komandan Pusdikjas Kodiklat Angkatan Darat Kolonel Inf Waris Ari Nugroho. Waris mengaku terima kasih karena tempatnya dijadikan tempat pemusatan latihan Timnas Pelajar U-15. "Mereka adalah pemuda terbaik Indonesia. Jadi saya berharap mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional," tuturnya.***

Bagikan: