Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 21.7 ° C

Atlet Asal Jabar Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Special Olympics World Games 2019

Arif Budi Kristanto
ATLET asal Jawa Barat, Falma Thifal Fikriah, menjadi atlet pertama yang menyumbang medali bagi kontingen Indonesia pada ajang Special Olympics World Games (SOWG) 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Falma meraih medali perunggu dari cabang olah raga renang untuk nomor 50 meter gaya bebas putri.*/DOK SOIna
ATLET asal Jawa Barat, Falma Thifal Fikriah, menjadi atlet pertama yang menyumbang medali bagi kontingen Indonesia pada ajang Special Olympics World Games (SOWG) 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Falma meraih medali perunggu dari cabang olah raga renang untuk nomor 50 meter gaya bebas putri.*/DOK SOIna

BANDUNG, (PR).- Atlet asal Jawa Barat, Falma Thifal Fikriah, menjadi atlet pertama yang menyumbang medali bagi kontingen Indonesia pada ajang Special Olympics World Games (SOWG) 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Hingga Selasa, 19 Maret 2019, para atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) mampu mengumpulkan empat medali emas, empat perak, dan dua medali perunggu.

"Alhamdullilah, Falma meraih medali perunggu dari cabang olah raga renang untuk nomor 50 meter gaya bebas putri," ujar Sekretaris Umum Pengprov SOIna Jabar, Nandang Saptari, melalui pesan singkat, Selasa, 19 Maret 2019.

Selain Falma, kata Nandang, Jabar diwakili lima atlet lainnya pada kontingen Indonesia di ajang SOWG 2019. Mereka adalah Heri Julfikri pada cabang olah raga bola basket, Almaida Jayanti dan Desri Siti Khotimah pada cabang olah raga sepak bola, M. Dika Fajri S pada cabang olah raga bola tangan, serta Agung Setiawan pada cabang olah raga bola voli.

"Atlet kita masih berpeluang menambah pundi medali bagi kontingen Indonesia di SOWG ini karena masih ada pertandingan yang belum mencapai babak final, terutama pada nomor beregu dan tim," kata Nandang.

Empat medali emas kontingen Indonesia diraih melalui Hery Septiawan pada cabang olah raga tenis perseorangan putra. Selain itu, medali emas juga diraih Riswida Wijayanto dan Jennika dari cabang olah raga bulu tangkis perseorangan, serta Zalwa Devaningtias pada cabang olah raga atletik nomor lari 100 meter putri.

Sementara itu, medali perak di antaranya diraih oleh William Johanes pada nomor atletik 200 meter, Kadek Firmayanti pada nomor loncat tinggi, dan tim bola basket. Medali perunggu diraih Falma dan M. Andriyanto pada cabang olah raga bocce perseorangan.

Masih banyak peluang medali

"Semoga kontingen Indonesia bisa menambah pundi medali lagi karena masih ada beberapa pertandingan yang belum menggelar babak final. Peluang itu masih ada dan masih terbuka," ujar Nandang yang turut mendampingi para atlet SOIna asal Jabar ke Abu Dhabi.

Sebanyak 68 atlet kontingen Indonesia berlaga pada 31 nomor pertandingan dari 11 cabang olah raga pada perhelatan SOWG 2019. Kontingen Indonesia menargetkan untuk meraih 10 medali, baik emas, perak, dan perunggu, pada ajang multievent olah raga dunia bagi atlet penyandang disabilitas intelektual tersebut. Sebelumnya, pada SOWG 2015 yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, kontingen Indonesia berhasil meraih 19 medali emas.***

Bagikan: