Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Sebagian cerah, 27.8 ° C

Persib dan Dua "Tim Pelit" Yang Tumbang di Piala Presiden 2019

Abdul Muhaemin
PERSIB vs Persibaya./ DOK.PIKIRAN RAKYAT
PERSIB vs Persibaya./ DOK.PIKIRAN RAKYAT

AJANG turnamen pra-musim Piala Presiden 2019 telah merampungkan babak grup pada Sabtu 16 Maret 2019. Pertandingan PSIS Semarang  vs PSM Makassar menjadi pertarungan akhir pada babak grup Piala Presiden, dimana PSIS Semarang sukses menaklukkan PSM Makassar dengan skor tipis 1-0.

Meski memenangkan pertandingan, PSIS Semarang tetap gagal lolos ke babak 8 besar Piala Presiden, begitu pula PSM Makassar yang tidak mendapatkan poin sama sekali pada gelaran kali ini.

Setelah berakhirnya babak grup Piala Presiden 2019, ada 8 tim yang memastikan diri melaju ke babak 8 besar. Dengan rincian 5 juara grup yaitu Persebaya Surabaya, Bhayangkara Fc, Kalteng Putra, Persija Jakarta dan Persela Lamongan. Lalu ditambah dengan 3 tim peringkat dua terbaik, Madura United, Tira-Persikabo, dan Arema Fc.

Namun 3 “tim pelit” yang dikatakan Wakil Ketua Satgas Anti Mafia Bola Krishna Murti, selalu bermain bersih dalam kompetisi Liga 1 2018 gagal lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2019. Ketiga tim itu adalah Persib Bandung, PSM Makassar dan Persipura Jayapura.

Persib Bandung mengalami nasib apes pada ajang Piala Presiden 2019. Tergabung di Grup A bersama Tira-Persikabo, Persebaya Surabaya, dan Perseru Serui, serta bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Si Jalak Harupat, namun Persib tidak mampu berbuat lebih pada ajang ini. Persib Bandung harus menelan dua kali kekalahan beruntun dari Tira-Persikabo dengan skor 2-1 pada pertandingan pertama, serta tumbang 1-3 dari Persebaya Surabaya di pertadingan kedua.

Dua kekalahan yang diderita oleh klub berjuluk Maung Bandung tidak mampu membawa Persib melangkah ke fase gugur. Kendati menang telak 4-0 pada laga terakhir menghadapi Perseru Serui, kemenangan tersebut hanya sebatas pelipur lara lantaran Persib hanya mampu menempati posisi 3 klasemen. Sementara yang lolos dari Grup A ke babak 8 besar adalah Persebaya Surabaya sebagai juara grup serta Tira-Persikabo sebagai salahsatu runner up terbaik.

Nasib yang lebih tragis justru didapatkan oleh tim peringkat kedua LIga 1 musim 2018 yaitu PSM Makssar. PSM harus menanggung malu usai  ajang Piala Presiden 2019, menempati posisi buncit di akhir klasemen dengan tanpa meraih 1 poin pun.

Tergabung di Grup C bersama Kalteng Putra, PSIS Semarang dan Persipura Jayapura, klub berjuluk Juku Eja ini ditaklukkan oleh lawan-lawannya. Kekalahan-kekalahan PSM Makassar mungkin tidak terlepas dari jadwal yang cukup padat, lantaran PSM juga harus tampil di ajang Piala AFC, berbarengan dengan jadwal Piala Presiden 2019.

Lalu “tim pelit” yang tidak lolos adalah Persipura Jayapura, tim berjuluk Mutiara Hitam ini sebenarnya tampil tidak terlalu buruk. Pada laga perdana, Boaz Salossa, dkk. sukses mengalahkan tuan rumah PSIS Semarang dengan skor 1-3, lalu pada pertandingan kedua Persipura menaklukkan PSM Makassar dengan skor akhir 1-0.

Namun pada laga penentuan kontra Kalteng Putra, Persipura secara mengejutkan ditumbangkan tim promosi itu dengan skor 1-3. Meski di klasemen akhir mendapatkan poin 6, Persipura gagal lolos lantaran kalah selisih gol dari 3 tim runner-up terbaik lainnya. (Abdul Muhaemin/ PR Online)***

Bagikan: