Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

Perjalanan MU Berakhir, City ke Semi Final Piala FA

Miradin Syahbana Rizky
LOGO FA Cup.*/ANTARA
LOGO FA Cup.*/ANTARA

WOLVERHAMPTON, (PR).- Perjalanan Manchester United (MU) di Piala FA harus berakhir di babak perempatfinal. Paul Pogba dan kawan-kawan ini harus kalah dari Wolverhampton Wanderers 1-2 saat melawat ke Molineux Stadium, Wolverhampton, Minggu 17 Naret 2019 dinihari WIB.

Sebenarnya MU mampu menguasai bola hingga 61% seperti dilansir whoscored. Tapi dengan penguasaan bola setinggi itu, MU kesulitan mengancam gawang tuan rumah.

Dari sebelas percobaan yang dilepaskan, hanya dua yang mengarah ke gawang. Sementara Wolverhampton punya 17 tembakan, tujuh di antaranya on target.

Untuk kali pertama sejak Ole Gunnar Solskjaer datang, MU menelan dua kekalahan beruntun. Pekan lalu, MU tersungkur 0-2 di tangan Arsenal.

Melawan Wolverhampton, lini depan MU tampil kurang menyengat di laga ini. Setelah hanya menghasilkan satu tembakan on target di babak pertama.

Salah satu dari sedikit peluang yang dipunya MU di babak pertama adalah saat tendangan Paul Pogba melenceng dari sasaran di menit 10. 

Di sisi lain, Wolves banyak menunggu di wilayah permainannya sendiri jika MU menguasai bola. Skuat besutan Nuno Espirito Santo memiluh bermain sabar dan bertahan dengan penuh disiplin.

Memasuki menit 38 kubu MU mengklaim penalti setelah tendangan Dalot terlihat mengenai lengan Jonny yang dalam posisi tidak aktif. Wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam kejadian itu. Permintaan penalti MU ditolak.

Tiga menit sebelum turun minim Sergio Romero melakukan penyelamatan gemilang. Dia keluar dari sarangnya untuk menghalau tusukan Jota dari sisi kanan pertahanan MU.

MU kembali lebih dulu menciptakan peluang saat tendangan Rashford di menit 46 melebar. Wolves membalas pada menit 50 saat tendangan Jonny melayang terlalu tinggi.

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan Romero di menit 54. Dengan tangan kirinya dia memblok tandukan Jimenez dari skenario tendangan sudut. Di menit 70 tuan rumah unggul lebih dulu. Jimenez menjebol gawang Romero untuk membuat tuan rumah unggul 1-0.

Enam menit berselang Molineux Stadium kembali bergemuruh setelah Jota mencetak gol kedua tuan rumah. Tendangan kaki kiri pemain asal Portugal itu kembali menjebol jala gawang Romero.

Di sisa pertandingan MU hanya bisa membalas satu gol melalui Marcus Rashford. Namun gol itu terjadi di menit terakhir injury time, yang membuat MU tak punya lebih banyak waktu untuk mengejar comeback.

Seusai laga, Manajer Interim MU Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan bahwa para pemainnya bermain dengan tempo terlalu pelan. Selain itu timnya juga kerap kehilangan bola akibat buruk dalam menyelesaikan serangan.

"Kami memulai terlalu lambat dan bermain sesuai keinginan mereka. Penguasaan bola kami tak cukup bagus dan cepat, jadi ini mengecewakan," ujar Solskjaer dikutip BBC.

Menurut dia, kekalahan ini merupakan langkah mundur dari timnya. Terlebih pada sisi kualitas penguasaan bola dan umpan para pemainnya.

"Saya pikir kami tak punya cukup kualitas di sepertiga akhir, atau kombinasi permainan yang cukup. Kami punya dominasi yang cukup oke dengan bola di babak pertama, tapi itu tak membantu kalau terus kehilangan bola dan mereka bisa menyerang balik," ujarnya.

City ke semi final

Di laga lainnya, Manchester City melakukan comeback dramatis di Piala FA. Tertinggal dua gol lebih dulu saat bertamu ke Swansea City, The Citizens akhirnya menang 3-2 dan lolos ke semifinal.

Bermain di Liberty Stadium, Minggu 17 Maret 2019 dinihari WIB, City dibuat kesulitan oleh Swansea di babak pertama. Saat turun minum, sang juara bertahan Premier League dalam posisi tertinggal 0-2.

Swansea unggul lebih dulu melalui penalti Matt Grimes. Suporter tuan rumah kembali bergelora saat Bersant Celina menjebol gawang Ederson Moraes lewat sebuah serangan cepat yang mematikan.

City bangkit di babak kedua. Masuknya Raheem Sterling dan Sergio Aguero membuat City lebih banyak memiliki variasi serangan di lini depan. Comeback City diawali gol indah Bernardo Silva, sementara gol bunuh diri kiper Kristoffer Nordefeldt menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Adalah Sergio Aguero yang menjadi penentu kemenangan City sekaligus didapatnya tiket ke semifinal. Tandukan kepala striker asal Argentina itu mengubah kedudukan jadi 3-2.

Kemenangan dramatis Man City diwarnai kontroversi. Dalam tayangan lambat, Sergio Aguero terlihat dalam posisi offside sebelum menanduk bola. Sementara gol bunuh diri kiper, yang terjadi akibat penalti Aguero, juga dinilai berbau kontroversi.***

Bagikan: