Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sebagian cerah, 19.4 ° C

220 Pesilat Siap Ikuti IPSI Cup Kota Bandung

Miradin Syahbana Rizky
Pencak Silat.*/DOK PR
Pencak Silat.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Setidaknya 220 pesilat pelajar Kota Bandung siap mengikuti Kejuaraan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cup 2019 Kota Bandung yang digelar Sabtu, 23 Maret 2019, dan Minggu, 24 Maret 2019 di Gedung KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta. Ketua Umum Pengcab IPSI Kota Bandung Cece Muharam mengatakan IPSI Cup juga akan dijadikan tempat seleksi Kota Bandung menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) Jabar 2019.

"Jumlah peserta mencapai 220 atlet dari 70 sekolah SMP dan SMA se-Kota Bandung. Tiap sekolah maksimal bisa mengirimkan atletnya di 8 kelas," ucap Cece yang ditemui seusai Teknikal Meeting IPSI Cup di Aula Gedung KONI, Kota Bandung, Sabtu, 15 Maret 2019.

Cece mengatakan, kejuaraan ini merupakan bagian tugas dari IPSI Kota Bandung guna melakukan pembinaan yang berkesinbungan. Menurut dia, dengan konsistensi menggelar kejuaraan maka akan muncul pesilat baru yang handal.

"Membangun prestasi memang harus melalui proses. Semoga para atlet ini bisa meraih prestasi di tingkat regional, nasional bahkan internasional," ucap Cece.

Dia mengungkapkan, bagi para pemenangan di tiap kelas IPSI Cup, maka pihaknya memastikan pesilat tersebut mendapat tempat membela Kota Bandung di Popwilda Jabar 2019. Mereka akan bergabung dengan para pesilat dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kota Bandung.

"Mereka akan bersama-sama membela Kota Bandung di Popwilda. Tentunya kami berharap hasil maksimal untuk Kota Bandung disana," ujar Cece.

SEJUMLAH peserta mengikuti teknikal meeting IPSI Cup di Aula Gedung KONI, Kota Bandung, Sabtu, 15 Maret 2019.*/MIRADIN SYAHBAN RIZKY/PR

Hal senada dikatakan Ketua II IPSI Kota Bandung Sutarna. Menurut Sutarna, Popwilda Jabar 2019 yang rencananya digelar Juli di Kabupaten Bandung akan menjadi tempat pesilat Kota Bandung mengincar medali.

"Kita memang sudah fokus pada persiapan Popwilda Jabar. Kota Bandung pada Popwilda Jabar 2017 mampu meraih 15 emas, tentunya tahun ini berharap minimal bisa mencapai raihan kemarin," ujarnya.

Sutarna mengaku optimis Kota Bandung masih jadi yang terbaik di cabor pencak silat. Namun demikian, kata dia, tak mudah mempertahankan prestasi yang sudah dicapai karena lawan dari kabupaten/kota lainnya cukup seimbang.

"Kita memang masih kuat tapi tuan rumah Kabupaten Bandung juga harus kita waspadai. Begitu juga dengan Tasikmalaya higa Garut yang tangguh di nomer seni," tuturnya.***

Bagikan: