Pikiran Rakyat
USD Jual 14.635,00 Beli 14.335,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

BRI Juara Invitasi Bola Basket Eksekutif Piala Gubernur Jawa Barat 2019

Arif Budi Kristanto
DIREKTUR  Bisnis dan Pemasaran PT Pikiran Rakyat Januar P Ruswita foto bersama tim bola basket BRI, yang menjuarai Invitasi Basket Eksekutif Piala Gubernur, di Gor C-Tra Arena, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Minggu, 3 Maret 2019. Tim BRI mengalahkan tim Transmedia pada babak final dengan skor 71-65.*/ADE BAYU INDRA/PR
DIREKTUR Bisnis dan Pemasaran PT Pikiran Rakyat Januar P Ruswita foto bersama tim bola basket BRI, yang menjuarai Invitasi Basket Eksekutif Piala Gubernur, di Gor C-Tra Arena, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Minggu, 3 Maret 2019. Tim BRI mengalahkan tim Transmedia pada babak final dengan skor 71-65.*/ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PR).-Tim BRI menyempurnakan performa impresif mereka sepanjang Invitasi Bola Basket Eksekutif Piala Gubernur Jawa Barat 2019 dengan gelar juara. Kepastian tim BRI merengkuh Piala Gubernur Jawa Barat 2019 didapat setelah menundukkan Transmedia 71-65 pada pertandingan final yang berlangsung sengit di GOR C-Tra Arena, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Minggu, 3 Maret 2019. Peringkat ketiga diraih oleh Bank bjb setelah mengalahkan Bank Indonesia 77-64. 

Invitasi Bola Basket Eksekutif Piala Gubernur Jawa Barat 2019 menyajikan final ideal yang mempertemukan dua tim dengan rekor sempurna selama fase grup, yakni BRI dan Transmedia. Keduanya selalu mampu meraih kemenangan dengan margin besar untuk sampai ke final. Namun di final, BRI mampu mengambil start lebih baik dengan tampil dominan sepanjang tiga quarter awal.

Pada quarter pertama, dimotori aksi sang kapten tim Chadistra, tembakan-tembakan 3 poin Fachri dan Iwa, BRI mampu unggul 21-13. Transmedia mampu mengejar poin BRI pada kuarter ketiga hingga tertinggal dengan margin lebih besar 23-37. 

Bahkan pada quarter keempat, BRI tampil lebih superior untuk memperlebar selisih semakin besar. Tembakan tiga angka dari Fachri menutup kuarter ketiga untuk keunggulan BRI dengan margin 19 angka.

Namun di luar dugaan, Transmedia mampu memberikan perlawanan sengit pada quarter terakhir. Bermain dengan pressing sangat ketat dan pertahanan begitu rapat, Transmedia mampu tampil dominan sepanjang kuarter keempat. Patrick dan kawan-kawan mampu mencetak tambahan 21 poin, menekan habis BRI yang hanya mampu bikin 8 angka.

Namun kebangkitan Transmedia terputus oleh durasi pertandingan yang membuat Donny dan kawan-kawan kalah terhormat dengan slisih tipis 65-71.

"Pada kuarter terakhir stamina anak-anak memang menurun. Apalagi, rotasi yang dilakukan juga tidak begitu dalam. Banyak pemain kami juga sudah terkena technical fault, itu mengganggu dan jadi momentum lawan untuk bangkit," kata Pelatih BRI Yohaness.

Namun, dia mengatakan, performa timnya cenderung stabil dalam empat laga yang dilakoni hingga jadi juara. Performa kolektif tim menjadi kekuatan.

"Hari ini pemain yang biasanya jadi sumber poin kami, Gerry off (tidak tampil prima). Tapi, pemain lain mampu mengambil peran sehingga produksi poin tidak terganggu," ujarnya.

Kemenangan BRI di laga final memang tidak terlepas dari performa Chadistra, Fachri, hingga Yudha yang mencetak banyak angka. Chadistra mampu menjaringkan 30 poin, diikuti Fachri (23),  dan Yudha (15).

Chadistra Pranatyo bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik kejuaraan Invitasi Bola Basket Eksekutif Piala Gubernur Jawa Barat 2019 ini. 

Sementara itu, para pemain Transmedia juga mampu tampil militan dan memberikan pelawanan ketat. Patrick tampil sebagai figur penting dengan sumbangan poin terbanyak untuk timnya diikuti Victor. 

Asisten Pelatih Transmedia Rendy Putrama mengakui, timnya terlambat panas dalam laga krusial ini. Selain itu, menurut Rendy, para pemainnya banyak melakukan kesalahan sendiri dan tidak memaksimalkan peluang dari lemparan bebas.

"Dari 21 free throw yang kami dapat, hanya 13 yang bisa dimanfaatkan jadi angka. Selebihnya, memang anak-anak terlambat naik sehingg terlambat mengejar angka lawan," kata Rendy.

Terlepas dari laga final, sama seperti pelatih BRI Yohaness, Rendy menilai kejuaraan gelaran Pikiran Rakyat ini sudah berjalan baik dari awal hingga final.

"Akan lebih baik lagi kalau pesertanya ditambah, mungkin dari luar Bandung biar menjalin silaturahmi juga dengan mantan-mantan atlet yang sekarang bekerja. Kejuaraan ini sudah oke overall," ujarnya.***

Bagikan: