Pikiran Rakyat
USD Jual 14.210,00 Beli 13.910,00 | Sebagian cerah, 27.6 ° C

BJB Ingin Balas Dendam di Putaran Kedua Final Four 2019

Wina Setyawatie
PEBOLA voli putri Jakarta BNI 46 Putri Andya Agustina (kiri) dan Tri Retno Mutiara (kedua kiri) berusaha menghadang smes dari pebola voli putri Bandung Bank BJB Pakuan Wintang Dyah Kumala Sakti (kanan) saat seri ketiga putaran pertama Proliga 2019 di GOR C'Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/12/2018). Jakarta BNI 46 putri menang atas Bandung Bank BJB Pakuan dengan skor akhir 3-1 (24-26, 25-15, 25-23, 25-19).*/ANTARA
PEBOLA voli putri Jakarta BNI 46 Putri Andya Agustina (kiri) dan Tri Retno Mutiara (kedua kiri) berusaha menghadang smes dari pebola voli putri Bandung Bank BJB Pakuan Wintang Dyah Kumala Sakti (kanan) saat seri ketiga putaran pertama Proliga 2019 di GOR C'Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/12/2018). Jakarta BNI 46 putri menang atas Bandung Bank BJB Pakuan dengan skor akhir 3-1 (24-26, 25-15, 25-23, 25-19).*/ANTARA

MALANG, (PR).- Meski gagal memetik kemenangan pada final four Proliga 2019 putaran pertama di Kediri, pekan lalu, Bandung Bank bjb Pakuan tetap optimistis bisa mencatatkan hasil positif di putaran kedua pada 15-17 Februari, di GOR Ken Arok, Malang. Bjb Pakuan berharap bisa balas dendam kepada ketiga tim pesaingnya untuk tetap membuka peluang ke final.

Di kediri, bjb kalah tipis 2-3 atas Jakarta PGN Popsivo Polwan. Kemudian kalah mutlak 0-3 atas Jakarta Pertamina dan Jakarta BNI 46.

Dengan hasil tersebut, maka bjb baru mengantongi poin 1. Sementara Pertamina yang menyapu bersih seri Kediri telah mengoleksi 9 poin. Kemudian disusul Popsivo dengan poin 5 dan Jakarta BNI 3 poin. 

Putaran kedua ini akan menjadi penentu, siapa dua tim teratas di putri yang berhak masuk ke partai puncak pekan depan di Yogyakarta. Jika melihat klasemen, Putri Pertamina memiliki kans terbesar untuk satu posisi di partai final.

Mereka hanya membutuhkan satu kemenangan lagi di putaran kedua ini untuk memastikan diri di Grand Final.  Sebaliknya, kendati lebih berat di putaran ini, namun Manajer Bank bjb Pakuan, Ayi Subarna mengaku peluang tetap ada.

Dengan catatan, para pemainnya bisa memperbaiki penampilannya di putaran ini dan menyikat habis tiga laga nanti dengan kemenangan.

"Karena kita kalah 3 kali di putaran pertama, maka mau tidak mau, kalau masih mau maju harus menang terus di putaran kedua ini. Lupakan hasil Solo, buktikan di Malang ini. Kalau kita bisa ambil tiga kemenangan, peluang akan tetap terbuka. Karena ketiga tim lainnya pasti akan saling kalah mengalahkan kan juga," ujarnya saat dihubungi "PR", Kamis 14 Februari 2019. 

Di musim ini sebenarnya tidak ada hal spesial dari para tim-tim pesaingnya. Hanya saja, pada musim ini bjb yang berkekuatan pemain muda masih kalah matang dengan persiapan tim lainnya yang diperkuat banyak pemain bintang. 

"Musim ini sebenarnya lawan tidak ada yang istimewa. Hanya saja kekuatan pemain muda kami masih belum stabil. Secara teknis sebenarnya bisa bersaing, buktinya kemarin bisa menyulitkan Popsivo dan Pertamina. Namun finishing anak-anak memang belum matang. Itu merupakan kelemahan pemain muda," ucapnya. 

Melihat dari evaluasi putaran pertama di Solo kemarin, saat melawan Popsivo, ujar Ayi, harusnya timnya bisa mengambil. Tapi yang terjadi, di set penentuan (set 4) pemainnya justru mulai bermain tidak fokus. 

"Akhirnya anak-anak tidak bisa mengambil kesempatan di set terakhir, 60 persen bola pertama kami drop. Errornya banyak. Sebenarnya Popsivo mengalami kendala yang sama, hanya saja di set penentuan serve mereka bagus," ujarnya. 

Untuk bisa memetik kemenangan di putaran kedua ini, Ayi meminta para pemainnya bermain lepas saja. Lupakan bila mereka berada di final four dan sedang berjuang untuk menuju final. 

"Saya ingin mereka bermain seperti babak reguler. Dimana ada beberapa pertandingan yang mereka bisa tampil "all out", bahkan ketika itu tanpa pemain asing. Bermain dengan penuh percaya diri dan bagus saja saja. Menurut saya, mungkin mereka (pemain) menilai bahwa tampil di final four akan berat. Hingga sedikit banyak mental mereka pasti akan kena," katanya. 

Kendati secara permainan performa timnya masih naik turun, minimal, menurutnya dengan bisa masuk ke final four, para pemainnya bisa membuktikan bahwa bjb tetap masih bisa bersaing. Meski tampil dengan kekuatan muda dan tanpa pemain bintang. 

"Tahun ini jadi semacam pematangan buat pemain. Tahun depan kita bisa lah tampil lebih konsisten," katanya yakin. 

Para Proliga 2018 lalu, bjb mampu menembus babak final. Sayang, mereka finis di posisi runner-up setelah ditaklukan Pertamina 0-3 di partai final. 

Persaingan putra

Persaingan di putra akan lebih sengit. Pasalnya tidak ada satu pun tim yang ingin terpeleset di final four putaran kedua ini. 

Di putra, Jakarta BNI 46 masih memimpin di puncak klasemen final four putra, menyusul dibelakangnya secara berurutan Palembang Bank Sumselbabel, Surabaya Samator, dan Jakarta Pertamina. Kendati memiliki peluang lebih baik, Pelatih BNI 46 Samsul Jais mengaku tetap waspada.

Timnya diuntungkan dengan stamina yang lebih baik. Bertanding tiap hari selama tiga hari berturut-turut, menurutnya, para pemainnya harus pintar-pintar mengatur stamina mereka. 

Pertamina pun tidak mau menyerah begitu saja, kendati memiliki peluang yang lebih kecil dibanding tiga pesaingnya yang lain. Mereka pun bertekad untuk sapu bersih di seri Malang ini untuk meretas poin yang jauh di belakang.

"Hasil di Kediri memang sangat buruk bagi kami dan kami akan perbaiki di Malang," ujar asisten manajer Pertamina Energi, Dedi Kurniawan.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty mengatakan bahwa semua tim masih memiliki peluang ke grand final. Hingga dia memastikan final four putaran kedua ini akan berlangsung lebih menarik lagi. 

"Seluruh tim pasti akan mengeluarkan segala kemampuan mereka agar bisa lolos ke grand final, 23 dan 24 Februari 2019 mendatang.

Tidak ada jalan lain. Karena dari empat tim putra dan empat putri semuanya masih memiliki peluang ke grand final. Ini yang menarik," imbuh Hanny yang juga Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI. 

Seluruh pertandingan final four putaran kedua Proliga 2019 di Malang ini bisa diikuti di Youtube channel: pbvsi_official, instagram @pbvsi_official, twitter: @VoliProliga, facebook: @pbvsiofficial, website: www.voliindonesia.org. Di samping itu, pertandingan juga akan disiarkan di iNews TV dan Usee TV.***

 

Bagikan: