Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Berawan, 22.5 ° C

38 Atlet Mulai Pelatda Karate untuk  Juara Piala KASAD

Arif Budi Kristanto
Karate.*/DOK PR
Karate.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Sebanyak 38 atlet karate terbaik Jawa Barat memulai pemusatan latihan daerah untuk sebagai persiapan menuju Kejuaraan Nasional Piala KASAD XIV 2019. Pelatda digelar dengan sistem desentralisasi di bawah pimpinan delapan pelatih.

"Kami mengumpulkan atlet dan pelatih hari ini, intinya pengumumam bahwa pelatda sudah dimulai. Sistemnya tidak sentralisasi dulu, ada yang berlatih di Bekasi, ada juga grouping di Bandung, sesuai wilayah asal atlet dan pelatih. Sentralisasi di Bandung baru akan dilakukan dua pekan sebelum pemberangkatan ke Kejurnas Piala KASAD di Banjarmasin," ujar Ketua Pengurus Provinsi Federasi Olah Raga Karate-Do (Forki) Jawa Barat Gianto Hartono seusai pengukuhan tim pelatda karate Jawa Barat di GOR Sasakawa, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (3/2/3019).

Dia mengatakan, evaluasi kekuatan atlet untuk pembentukan tim inti Piala KASAD menjadi target pelatda. Menurut Gianto, Jawa Barat akan menurunkan kekuatan penuh pada Piala KASAD ini.

"Tapi karena satu kelas hanya bisa diwakili satu atlet, jadi nanti ada atlet yang turun melalui Forki, ada yang melalui perguruan," kata Gianto.

Para atlet yanag dipanggil masuk tim pelatda, kata Gianto, adalah mereka yang meraih prestasi apik pada ajang PON XIX/2016, Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 atau memiliki rekam jejak prestasi positif pada kejuaraan level nasional. 

"Eks PON dan juara Porda sudah pasti, termasuk 5 atlet pelatnas. Ke-38 atlet ini menjalani seleksi berjalan selama pelatda. Nantinya, akan dipilih 21 atlet terbaik untuk memperkuat tim inti Jabar pada Piala KASAD," kata Gianto.

Piala KASAD XIV 2019 akan digelar pada pekan ketiga Maret 2019. Forki Kalimantan Selatan ditunjuk sebgaai tuan rumah ajang bergengsi itu. Pada edisi sebelumnya, Piala KASAD XIII 2016 di Kota Jambi, Jawa Barat sukses menjadi juara umum dengan raihan 4 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Jabar unggul atas  PP Inkai yang menempati posisi kedua dengan perolehan 3 emas, 1 perak, dan 3 perunggu dan tuan rumah Jambi yang meraih peringkat tiga dengan perolehan dua emas dan satu perunggu.  

"Target kami mempertahankan gelar juara umum.Kami optimistis bisa karena dari kajian internal, posisi kita pada level nasiopnal masih teratas. Jadi tergantung semangat dan  militansi anak-anak," kata Gianto.

Menurut Gianto, setelah menjuarai Piala KASAD dan PON 2016, ditambah dengan potensi atlet yang dimiliki saat ini, Jabar diproyeksikan mampu meraih minimal tujuh medali emas pada Piala KASAD 2019.

"Itu (7 emas) kalkulasi yang kami lakukan berdasarkan potensi. Kami optimistis itu bisa tercapai. Pengurus dan pelatih akan mendukung dan mengupayakan memenuhi kebutuhan. Yang terpenting, atlet harus menampilkan semangat dan performa terbaiknya selama latihan, terutama saat pertandingan," kata Gianto.***

Tags
Bagikan: