Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Umumnya berawan, 27.7 ° C

Kirim Tujuh Atlet Menembak, Jabar Dominasi Tim Pelatnas SEA Games

Arif Budi Kristanto
Atlet Menembak.*/DOK PR
Atlet Menembak.*/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Tujuh atlet menembak andalan Jawa Barat berhasil menembus tim pemusatan latihan nasional Indonesia untuk SEA Games 2019 yang beranggotakan 12 atlet. Dengan dominasi tersebut, atlet Jabar juga diharapkan dapat memberikan kontribusi prestasi yang signifikan bagi Indonesia dari arena menembak pada pesta olah raga terbesar Asia Tenggara.

"Dominasi atlet Jabar merupakan buah dari pembinaan yang memang sudah terbukti. Para atlet itu sudah mencetak prestasi pada berbagai ajang kejuaraan sehingga layak membela tim nasional," ujar Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Jawa Barat Cucu Sutara di Bandung, Kamis, 31 Januari 2019.

Diikuti puluhan atlet menembak terbaik dari berbagai provinsi, seleksi nasional berlangsung di lapangan tembak Senayan Jakarta 18-25 Januari 2019. Jawa Barat menjadi daerah penyumbang atlet terbanyak dengan jumlah 20 atlet.

Para atlet diseleksi melalui kompetisi pada empat nomor lomba. Masing-masing empat atlet dengan skor terbaik dari setiap nomor lolos untuk memperkuat pelatnas.

Hasilnya, Jabar mampu mengirimkan tujuh atletnya melalui tiga nomor lomba.

Ketujuh utusan Jabar di tim pelatnas itu adalah Iwan Setiawan yang menempati ranking pertama nomor 10 meter air pistol men dan Martin J. Lala yang menempati ranking 4 nomor tersebut. Pada nomor 10 meter air riffle men, tiga atlet Jabar lolos.

Mereka adalah Fathur Gustian yang menepati ranking pertama, diikuti M. Naufal Mahardika pada posisi kedua dan Ipung S. Tammamie pada peringkat 4. Dua atlet putri Jabar juga lolos setelah menempati ranking 1 dan 2 nomor 10 m air riffle women, yakni Audrey Zahra Dhiyanisa dan Ivana Roderico Tioho.

Jabar hanya gagal mengirimkan atletnya pada nomor 10 meter air pistol women.

"Alhamdullilah kita dominan untuk tiga nomor. Dari tujuh atlet pada tiga nomor itu, cukup potensial untuk menyumbangkan medali saya kira," kata Cucu.

Cucu mengatakan, keberhasilan para atlet Jabar memborong gelar juara umum empat kejuaraan nasional sepanjang 2018 menjadi modal penting untuk berkompetisi pada level Asia Tenggara.

Keberadaan tujuh atlet di Pelatnas juga menjadi progres positif lantaran pada SEA Games sebelumnya di Malaysia, Jawa Barat mengirimkan tiga atlet untuk tim nasional. Dari tiga atlet tersebut, salah seorang di antarnaya, yakni M. Naufal Mahardika mampu menyumbang medali emas setelah merajai nomor 10 m air riffle men.

Keberhasilan yang diraih Naufal di National Shooting Range Centre, Malaysia itu mengakhiri puasa emas Indoneis ada cabang lah raga menembak yang sudah berlangsung sejak SEA Games 2011 di Palembang.

"Sekarang dengan tujuh atlet terbaik Perbakin Jabar yang ada di timnas, kami optimistis bisa menyumbang lebih dari satu medali emas di SEA Games 2019 nanti," kata Cucu.***

Bagikan: