Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 13.985,00 | Sedikit awan, 21.1 ° C

Garut Akan Bangun Stadion Bertaraf Nasional Tahun 2019

Yusuf Wijanarko
SEPAK bola Garut/DOK. PR
SEPAK bola Garut/DOK. PR

GARUT, (PR).- Stadion sepak bola bertaraf nasional akan segera dibangun di kawasan Ciateul, Garut. Rencananya, stadion itu akan dibangun tahun 2019 ini.

Kepala Bidang Olah Raga Dispora Garut Tito Sugito menyebut, stadion akan dibangun di kawasan Ciateul untuk melengkapi sarana yang sudah ada. Di kawasan Ciateul saat ini sudah ada gelanggang olah raga yang dibangun yakni GOR beladiri dan sporthall yang direncanakan rampung tahun ini.

"Di sana ada lahan 12 hektare, salah satunya untuk stadion sepak bola yang insyaallah akan dibangun tahun ini," ucap Tito dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Kamis 31 Januari 2019.

Pada 2017 silam, Gubernur Jawa Barat saat itu Ahmad Heryawan menjanjikan bantuan dana dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp 100 miliar. Namun dana yang turun pada 2017 hanya Rp 17 miliar. Dana itu hanya cukup untuk pembangunan GOR beladiri dan sporthall yang masih dikerjakan. Sehingga, pembangunan stadion sepak bola tertunda.

Oleh karena itu, untuk pembangunan stadion sepak bola di Ciateul Garut tahun ini, pendanaannya murni menggunakan APBD Garut sebesar Rp 20 miliar. Jika Pemprov Jawa Barat akan membantu, Tito menegaskan, pihaknya akan menerimanya dengan senang hati.

"Kalau pemerintah provinsi membantu, syukur alhamdulillah. Tapi Pak Bupati berkomitmen, kami tahun ini membuka anggaran Rp 20 miliar. Memang tidak disimpan di Dispora tapi di Dinas PUPR," kata dia.

Tito memaparkan, dalam pembangunan stadion sepak bola, Dispora Garut melakukan konsultasi kepada Askab PSSI Garut dan Asprov PSSI Jawa Barat. Hal itu dilakukan agar pembagunan stadion sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

"Kita tidak lepas dari PSSI," ujarnya.

Pembangunan stadion, kata Tito, sepenuhnya berada di bawah wewenang Dinas PUPR Garut sedangkan Dispora Garut hanya melakukan pendampingan.

Selepas pembanguan stadion sepak bola, arena olah raga air atau stadion akuatik pun siap dibangun di lokasi tersebut.

"Insyaallah ke depannya akan ada akuatik atau arena olah raga air," ujarnya.***

Bagikan: