Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Umumnya berawan, 27.7 ° C

Erick Thohir Dapat Lampu Hijau Pimpin PSSI

Wina Setyawatie
PSSI/DOK. PR
PSSI/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai mantan ketua Indonesia Asian Games Committe (Inasgoc) dan ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir sebagai sosok yang memenuhi kriteria untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Edy Rahmayadi sebagai ketua umum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Pengalamannya menangani sepak bola internasional dianggap bisa diterapkan di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 29 Januari 2019. Sesuai statuta, setiap calon ketua umum PSSI diwajibkan sedikitnya memiliki pengalaman dalam mengelola sepak bola selama 5 tahun atau sudah pernah menjadi pengurus PSSI. Dengan kriteria tersebut, Jusuf Kalla menilai Erick Thohir sudah memenuhi syarat.

"Mungkin yang punya pengalaman sepak bola internasional Erick (Thohir), Erick lagi, Erick lagi. Tetapi benar, dia memenuhi kriteria yang saya katakan tadi, punya pengalaman yang baik dan punya waktu yang baik. Sudah sesuai kriteria. Andai seperti itu," ujarnya.

ERICK Thohir/DOK. PR

Menurut Jusuf Kalla, pengalaman di ranah sepak bola menjadi hal yang krusial karena siapapun yang terpilih menjadi ketua umum PSSI dihadapkan pada tugas berat, bukan hanya memperbaiki prestasi, tapi juga sepak bola nasional.

"Dengan kondisi saat ini, bagaimana bisa (orang yang) tanpa pengalaman atau pengetahuan di sepak bola bisa memperbaiki organisasi (PSSI) dan prestasi kita? Inginnya, kita bisa berbicara lagi di level Asia, kemarin hanya sampai babak penyisihan," ujar Jusuf Kalla.

Selain memiliki pengalaman, Jusuf Kalla juga menilai Erick Thohir memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan dia tidak punya kepentingan di PSSI.

"Juga, dibutuhkan leadership yang kuat. Tidak punya kepentingan, untuk mencari pemasukan ekonomi sendiri, tapi juga mempunyai pengalaman di organisasi sepak bola," ujarnya.

Meski terang-terangan memberikan lampu hijau kepada ErickThohir, Jusuf Kalla tetap mempersilakan calon lainnya seperti Muhaimin Iskandar yang ingin masuk dalam bursa ketua umum PSSI. Menurut Jusuf Kalla, hal itu sah saja selama disepakati semua pihak dalam Kongres PSSI selanjutnya.

"Bisa-bisa saja mencalonkan diri tapi ingat, harus sesuai dengan aturan. Ketua PSSI di daerah-daerah juga selalu memilih sosok yang juga punya pengalaman di sepak bola. Jadi, apakah dia pernah jadi pengurus, pernah jadi pemain?" tanyanya retoris.***

Bagikan: