Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Umumnya berawan, 23.7 ° C

Putri BJB Pakuan Pastikan Tembus Final Four Proliga 2019

Wina Setyawatie
AKSI pemain putri Bandung Bank bjb Pakuan (merah) di lanjutan Seri II Putaran kedua Proliga 2019 di Pekanbaru./PBVSI
AKSI pemain putri Bandung Bank bjb Pakuan (merah) di lanjutan Seri II Putaran kedua Proliga 2019 di Pekanbaru./PBVSI

PEKANBARU, (PR).- Putri Bandung Bank bjb Pakuan memastikan lolos ke final four Proliga 2019 usai menaklukkan Jakarta Elektrik PLN pada lanjutan Seri II Putaran kedua di Pekanbaru. Bertanding di Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu 10 Januari 2019, bjb  menang mutlak 3-1 (20-25, 25-16, 25-23, 25-19). 

Dengan kemenangan tersebut, bjb mengamankan posisi keempat di klasemen sementara. Dengan tiga kemenangan dari tujuh laga yang telah dijalani. Sebaliknya bagi Elektrik, hasil ini makin memendamkan posisi mereka di dasar klasemen. Pasalnya, sejak kompetisi ini dimulai, belum pernah sekalipun Elektrik mampu menghasilkan kemenangan dari tujuh laga yang sudah berjalan. 

Elektrik sebenarnya memulai permainan dengan apik. Mereka menekan bjb hingga membuat tim wakil Jawa Barat tersebut tidak bisa mengembangkan permainan di set pertama. M Jutarat cs pun menutup set ini dengan kemenangan. 

Memasuki set kedua, permainan bjb meningkat. Tekanan yang masih terus dilancarkan oleh Elektrik mampu diantisipasi kali ini. Kondisi pun berbalik. Bjb yang giliran menekan hingga Elektrik tidak mampu menghasilkan poin lebih dari 16. 

Di set ketiga, Elektrik melawan. Bjb berusaha untuk tidak sedikit pun mengendorkan permainan. Performa apik pemain asing bjb, Maja Burazer memberikan mereka sedikit keunggulan jelang akhir set ini. 

Hampir sama dengan set ketiga, di set keempat pun Elektrik kembali memperlihatkan permainan sengit. Mereka menghujan bjb dengan hujan smes yang bertubi-tubi. Untungnya hal tersebut dapat diatasi para pemain bjb dengan tenang. 

Melihat minimnya kesempatan Elektrik bisa mengambil gim ini, Pelatih mereka, Tien Mei pun langsung menarik dua pemain asingnya di tengah permainan. Buat Tien Mei harapan mereka sudah pupus untuk ke final four, karena lawan sudah terlebih dahulu mengambil kemenangan dua set. 

"Buat apa saya turunkan pemain senior, karena peluang kita sudah tidak ada lagi untuk ke final four saat lawan sudah dapat dua set," ujar Tian Mei usai pertandingan seperti yang dikutip dari rilis PBVSI. 

Bermain apik

Pelatih bjb Pakuan, Teddy Hidayat mengatakan bahwa timnya di laga ini cukup bermain apik. Meskipun di set awal dia menilai pemainnya masih bermain dengan beban. 

"Anak-anak mungkin merasa beban kali ya, karena laga ini penentu untuk masuk final four. Kalau menang bisa langsung masuk, kalau kalah masih menunggu satu pertandingan lagi. Itu mungkin yang jadi beban, jadinya saat keserang duluan mereka sedikit bingung," ujarnya. 

Kunci kemenangan timnya di laga tersebut, menurut Teddy adalah disiplin. Timnya mampu menerapkan "game plan" dengan baik di segala lini. 

"Semua berjalan dengan bagus. Dari blok, receive, hingga servis. Kita banyak belajar untuk itu semua," ucapnya. 

Bjb Pakuan masih akan menjalani satu pertandingan lagi melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan pada seri terakhir putaran kedua di Solo pekan depan. Laga di Solo ini nanti akan jadi bahan evaluasi untuk memperbaiki semua kekurangan yang masih ada di Tim bjb. 

"Di Solo nanti kita akan evaluasi. Tentu perbaikan harus disemua sisi, mulai dari fisik hingga teknis tentunya. Sejauh ini, performa asing pun cukup memuaskan," tutur Teddy menambahkan.

Bagikan: