Pikiran Rakyat
USD Jual 14.291,00 Beli 13.991,00 | Cerah berawan, 26.2 ° C

Vietnam Angkat Koper dari Piala Asia 2019

Miradin Syahbana Rizky
VIETNAM harus mengakui ketangguhan Iran dengan skor 2-0 pada babak penyisihan Grup D di Stadion Al-Nahyan, Abu Dhabi, Sabtu 12 Januari 2019 malam WIB.* THE-AFC.COM
VIETNAM harus mengakui ketangguhan Iran dengan skor 2-0 pada babak penyisihan Grup D di Stadion Al-Nahyan, Abu Dhabi, Sabtu 12 Januari 2019 malam WIB.* THE-AFC.COM

ABU DHABI, (PR).- Tim wakil Asia Tenggara, Vietnam harus angkat koper dari Piala Asia 2019 usai menelan kekalahan kedua pada babak penyisihan Grup D di Stadion Al-Nahyan, Abu Dhabi, Sabtu 12 Januari 2019 malam WIB. Vietnam harus mengakui ketangguhan Iran dengan skor 2-0.

Dengan kekalahan tersebut, Vietnam berada di peringkat ketiga dengan tanpa poin. Sebelumnya, Vietnam kalah secara dramatis 2-3 atas Irak. Hasil itu membuat mereka menemani Filipina yang juga sebelumnya gagal lolos ke babak 16 besar dari Grup C.

Melawan Iran, Vietnam nampak kesulitan menumbangkan tim raksasa Asia tersebut. Tim asuhan Carlos Queiroz ini tampil dominan selama 2X90 menit. Sardar Azmoun menjadi pahlawan dengan memborong gol Iran pada laga Grup D Piala Asia kali ini di menit 38 dan 69.

Hasil ini juga memastikan Iran lolos ke babak berikutnya setelah mengoleksi enam angka dari dua pertandingan. Mereka sebelumnya menghajar Yaman 5-0 pada penampilan perdana.

Kemenangan Iran asal Vietnam sudah terlihat sejak babak pertama. Dimana mereka mengancam pertama lewat Saman Ghoddos di menit ke-16. Begitu pula usaha Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun.

Namun, serangan bertubi-tubi Iran akhirnya membuahkan hasil jelang berakhirnya babak pertama. Meneruskan umpan silang Saman Ghoddos, Sardar menanduk bola menembus gawang Dang Van Lam dari jarak dekat.  Skor 1-0 keunggulan Iran bertahan hingga turun minum.

Tak mau kalah, Vietnam baru mengancam di babak kedua. Nguyen Cong Phuong bisa melepas tembakan pada menit ke-52. Tapi eksekusinya masih bisa diantisipasi kiper Alireza Beiranvand.

Namun, hanya sebatas itu Iran mengijinkan. Anak asuh pelatih asal Portugal itu kembali mendominasi dan mendapat peluat melalui Sardar Azmoun, Mehdi Taremi, Ashkan Dejagah, dan Ahmad Noorollahi.

Sampai akhirnya Sardar Azmoun menghasilkan gol kedua, atau ketiga sepanjang turnamen, untuk memastikan dominasi Iran.  Ahmad Noorollahi kemudian coba memperbesar kemenangan Iran, sebelum Vietnam mendapat kesempatan langka lewat Nguyen Cong Phuong. Skor 2-0 untuk kemenangan Iran bertahan hingga laga usai.

Sebelumnya di Grup C, peluang Filipina, untuk lolos tertutup usai menelan kekalahan kedua pada Jumat 11 Januari 2019 malam WIB di Uni Emirat Arab (UEA).  Kali ini Filipina kalah dari Tiongkok dengan skor 0-3.  Sebelumnya, pada laga pembuka mereka menyerah 0-1 dari Korea Selatan.

Dua dari tiga gol China dalam pertandingan di Stadion Mohammed bin Zayed di Abu Dhabi dicetak Wu Lei pada menit ke-40 dan 66, sedangkan satu lagi oleh Yu Dabao menit 80.

Laga ini mempertemukan dua timnas yang ditukangi pelatih besar. Tiongkok dilatih Marcello Lippi, eks-pelatih Timnas Italia, sedangkan Filipina ditangani Sven-Goran Erikksson, eks-pelatih Timnas Inggris, Meksiko, dan Pantai Gading.

Dengan kemenangan ini, Tiongkok menjadi tim kedua yang lolos ke 16 besar setelah Yordania di Grup B. Nilai China 6 setelah di laga pertama menang 2 - 1 atas Kirgstan. 

Sementara, Australia membuka peluang lolos ke 16 besar setelah menang 3 - 0 atas Palestina di Grup B di Stadion Rashid di Dubai. Ketiga gol anak asuh Graham Arnold dilesakkan Jamie MacLaren (18’), Awer Bul Mabil (20’), dan Apstolis Giannou (90’).

Dengan kemenangan tersebut, Australia membuka peluang ke 16 besar setelah menyerah 0 - 1 dari Yordania dalam pertandingan pertama. Posisi klasemen sementata Grup B, Yordania telah lolos ke 16 besar dengan nilai 6 hasil dua kemenangan, satu lainnya 2 - 0 atas Suriah, diikuti Australia 3, serta Suriah dan Palestina masing-masing 1.

Meski untuk sementara menduduki posisi kedua, Australia belum aman untuk melaju ke fase kncok out dan setidaknya mesti seri ketika meladeni Suriah di pertandingan ketiga.***

Bagikan: