Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sebagian cerah, 19.4 ° C

PSSI-Tiongkok Bahas Lokasi Uji Coba Timnas U-22

Fani Ferdiansyah
PEMAIN Timnas Indonesia U-22 mengikuti sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.*/ANTARA
PEMAIN Timnas Indonesia U-22 mengikuti sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus berkomunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA), terkait rencana uji coba tim nasional U-22 kedua negara. Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, topik utama pembicaraan kedua organisasi adalah lokasi pertandingan.

"Kami sedang berkomunikasi, apakah timnas kita yang bertandang ke sana atau mereka yang datang dan berlaga di sini," ujar Ratu Tisha di Jakarta, seperti ditulis Antara, Jumat 11 Januari 2019.

Menurut dia, PSSI berupaya agar laga itu terwujud mengingat turnamen Piala U-22 AFF 2019 akan bergulir mulai 17 Februari di Kamboja. Pemilihan Tiongkok sebagai lawan tak lepas dari permintaan pelatih timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri, yang ingin menghadapi Negeri Tirai Bambu itu atau selevelnya, serta satu klub Indonesia dalam laga persahabatan sebelum berangkat ke Kamboja.

"Untuk lawan dari klub, kami pastinya menargetkan untuk menghadapi dari tim Liga 1. Kami berharap klub itu nantinya menurunkan para pemain terbaik agar timnas U-22 Indonesia semakin meningkat kemampuannya," tutur Ratu Tisha.

Meski demikian, sama seperti kabar dengan Tiongkok, PSSI juga belum dapat memutuskan klub mana yang akan dihadapi. Timnas U-22 sendiri tengah menggelar pemusatan latihan sekaligus seleksi, untuk menentukan tim yang akan bertanding di Piala U-22 AFF 2019 di Kamboja, yang berlangsung pada 17 Februari-2 Maret 2019.

Di turnamen itu, Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, Singapura dan tuan rumah Kamboja.

PELATIH Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri (kedua kanan) memberikan intruksi kepada pemain saat sesi latihan di Lapangan Madya, Komplek SUGBK, Senayan, Jakarta, Selasa 8 Januari 2019/ANTARA FOTO        

Untuk diketahui sebelumnya, Pelatih Indra Sjafri mengaku puas dengan potensi yang ditunjukan para pemain dalam skuat asuhannya. Dirinya mengaku tidak salah panggil pemain untuk memperkuat tim ini. 

"Sebesar apa potensinya, ya itu nanti melihat dari hasil bisa juara atau tidak mereka. Kalau bisa juara, artinya mereka bisa memenuhi ekspektasi yang diharapkan,” kata Indra Sjafri.

Dengan persiapan yang hanya dua pekan saja, Indra Sjafri mengaku baru akan menetapkan target di Piala AFF U-22 2019 Februari mendatang. Ini setelah skuat inti Timnas U-22, seusai tiga ujicoba Timnas yang akan digelar pada Januari-Februari nanti. 

"Saya pikir setiap pelatih tentu punya target tinggi. Tetapi tinggi saja tidak bisa, tetap harus realistis. Saya pribadi akan membuat tim ini secepat mungkin terbentuk setelah ujicoba nanti, lewat satu pertandingan internasional dan ada tiga partai lokal. Setelah itu baru saya bisa mematok target apa di AFF nanti,” ujar dia.***

Bagikan: