Pikiran Rakyat
USD Jual 14.331,00 Beli 14.031,00 | Umumnya berawan, 23 ° C

PT LIB Beri Penjelasan Soal Jadwal Liga 1 Edisi 2019

Abdul Muhaemin
CEO PT Liga Indonesia Baru Risha Adi Wijaya memberikan pemaparan kepada awak media dalam acara Ngobrol Santai Sepak Bola Indonesia di salah satu kafe di Jalan Djuanda, Kota Bandung, Selasa 18 Desember 2018.*
CEO PT Liga Indonesia Baru Risha Adi Wijaya memberikan pemaparan kepada awak media dalam acara Ngobrol Santai Sepak Bola Indonesia di salah satu kafe di Jalan Djuanda, Kota Bandung, Selasa 18 Desember 2018.*

BANDUNG, (PR).- Jadwal Liga satu edisi 2019 diperkirakan molor lebih lama, CEO PT Liga Indonesia Baru Risha Adi Wijaya mengatakan, kemungkinan Liga 1 musim 2019 akan digelar usai Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019.

Meski kemungkinan besar jadwal sepak mula Liga 1 dimulai selepas pelaksanaan Pilpres. Risha Adi Wijaya menjelaskan, dia beserta jajarannya dari PT LIB sebagai operator kompetisi telah menyiapkan garis besar jadwal-jadwal pertandingan di musim kompetisi yang akan datang.

“Ini tantangan besar yang masih kami rumuskan, apakah pada akhir April atau Mei, tapi kami memang sudah siapkan jadwalnya, akan mulai kapan dan berakhir kapan. Apakah akan lewat tahun (pada 2020) atau tidak, kami berharap tidak lewat tahun karena memang harus ada keputusan bersama yang diambil dengan federasi,” katanya dalam acara Ngobrol Santai Sepak Bola Indonesia di salah satu kafe di Jalan Djuanda, Kota Bandung, Selasa 18 Desember 2018.

Jika sepak mula semua kompetisi sepak bola Indonesia benar-benar dimulai setelah pelaksanaan Pilpres, Risha Adi Wijaya menyadari bahwa dalam kurun waktu Mei-Desember merupakan waktu yang tidak memadai serta tidak ideal untuk menggelar kompetisi. Belum lagi selain adanya agenda nasional yaitu Pilpres, kompetisi juga akan terpotong oleh agenda nasional lain seperti Idulfitri.

“Delapan bulan itu memang bukan waktu yang ideal untuk menjalankan kompetisi, apalagi Liga Indonesia akan tetap menjalankan kompetisi pada akrhir pekan. Selama 34 minggu yang pasti itu tidak akan tercapai, karena selain ada agenda nasional, Lebaran, dan lain-lain,” ujarnya.

Musim 2018 paling kompetitif

Sementara itu, kompetisi sepak bola Indonesia musim 2018, Liga 1, menjadi musim yang paling kompetitif dibanding dengan musim-musim sebelumnya.

Penentuan tim yang menjadi juara dan tim yang harus turun kasta ditentukan hingga memasuki pekan terakhir. Pada pekan terakhir atau pekan ke-34 jalannya kompetisi, 7 pertandingan digelar bersamaan dan serentak.

Selain itu, pada musim 2018 terdapat 306 pertandingan yang 65 pertandingan di antaranya harus dijadwalkan ulang dengan berbagai alasan.

Sebagian besar penjadwalan ulang dalam 65 pertandingan Liga 1 dilakukan atas permintaan klub. Selain itu faktor kemanan juga menjadi pertimbangan laga dijadwal ulang.***

Bagikan: